Categories
MPASI

MPASI AKhtar – 10 bulan

MPASI 10 bulan selesaaai! Enaknya pas di 10 bulan adalah bebas ngasih makan apa ajaaa! Udah enak banget milih makan ini itunya *lirik Reylia πŸ˜›

Β 

Jadi, Akhtar sekarang udah kenal juga sama…

Buah : Blewah, Belimbing, Bengkuang

Sayuran : Kacang Kapri, Kacang Panjang, Baby Bhok coy, Oyong, Jamur Merang, Jamur Kuping, Sedap Malam

Protein : Ikan Tenggiri, Ikan Teri Basah, Udang Peci, Telur Puyuh

Dairy Product : Yoghurt

Β 

Alhamdulillah g ada yang alergi lagi! Hihi, padahal dengan modal nekat banget ngasih udang itu. Yah, bulan sebelumnya kan Akhtar kena campak dan susah banget makan ituu. Sudah pasti timbangan semakin bergeser ke kiri πŸ™Β  Jadi sebisa mungkin ngasih makanan yang jauh lebih bervariasi yang bikin Akhtar semangat makan lagi. Pas Mbah dari Lampung dateng, udah mulai penyembuhan. Makannya udah mulai normal. Nah, pas gantian Nenek dari Palembang dateng, porsinya dibanyakin dikit. Kenapa? Soalnya tiba-tiba aja dengan porsi makan yang sama, Akhtar bisa ngabisin 8 botol ASIP. 560ml! *ngos-ngosan mompa πŸ˜› Jadilah ditambahin sedikit porsi makannya, dan habiiis! Jadi selama 2 minggu ada Nenek, makannya 3 kali plus buah 2 kali dan ASIP sekitar 400-480ml πŸ™‚

Β 

Kalo ada yang merhatiin, makanan Akhtar bulan ini sanagt dipengaruhi sama makanan Palembang! Hahaha, yaiyalaaah, pas ibuku dateng kan sudah pasti masak terus. Pas kita makan pempek, Akhtar dikasih ikan tenggiri. Pas bikin tekwan, akhtar dapet jamur kuping, sedap malam, dan udang plus bengkuang! Hihii πŸ˜›

Β 

Makannya masih nyampur. Jadi sekarang cuma masak bubur sama lauk di slow cooker. Paginya sayuran baru dikukus. Sayur sama lauk diblender, terus langsung dicampur sama bubur dari slow cooker. Jadi sudah bertekstur. Akhtar sebenernya udh sering dikasih nasi. Tapi yah cuma nasi aja. Terus seriuus bener dia ngeliatin nasi itu, milih satu-satu buat dimasukin ke mulut πŸ™‚ Mungkin bulan depan akan dicoba πŸ™‚

Β 

Finger food berjaya juga di bulan ini! Jadi kalo kami lagi makan, biasanya Akhtar akan deketin, tampak pengen nimbrung makan. Nah, sekarang kasih aja potongan buah atau sayur, paling suka sih timun. Dan si bayi kecil akan serius bangeet sama makananannya sendiri πŸ™‚ Masih suka kegedean gigitnya, hehehehe, gpp namanya belajar! πŸ˜€ Nenek pulang, akhtar ke TPA lagiii! Yah balik lagi, makannya 3 kali, tapi klo malem, g maksimal. Buahnya cuma sekali. Gpp ya nak, kan mimiknya jadi lebih banyak karena deket bunda πŸ™‚

Β 

Β 

Hmmm, sekarang aku udah g terlalu saklek lagi masalah makanan, yah klo misalnya aku lagi makan pempek, terus Akhtar ngeliatin, ya udah, aku cuil sedikit bagian yang blom aku gigit, aku suapin ke Akhtar sedikit. Sedikit garam dan gula kayaknya masih bisa ditolerir lah πŸ˜› Nah, cuma di TPA pernah dikasih biskuit F****Y, karena pas temennya makan, Akhtar mungutin remahnya dan dimakan! Kalo aku sih mikirnya itu karena emang fasenya Akhtar lagi suka menjumput benda kecil dengan jarinya, yah, tapi gpp lah, kan emang Akhtar butuh biskuit buat latihan menggigit dan menelan. Kalo udah dicoba homemade cookies g mau, bikin g punya alatnya, ya sudah, instant juga gpp. Tapi pasti dibatasi. Rencananya 1/4 keping per hari, jadi selama 5 hari, Akhtar cuma dapet jatah 1 1/4 keping biskuit.Prakteknya baru dimulai hari ini πŸ™‚ Kalo di rumah, diganti sayur atau buah aja ya nak? πŸ™‚

Β 

1 bulan lagi! Harus semangat banget karena Akhtar udah bisa nyembur makanan! Hahaha..Harus sabar harus teguh pendirian πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.