Toilet Trainingnya Akhtar

Niat mentoilet training Akhtar sebenernya sudah sejak lama. Niatnya itu pas aku cuti bersalin. Tapi ternyata aku g sesabar itu nungguin dan nganterin Akhtar bolak-balik kamar mandi dengan kondisi perut gede itu πŸ˜› Apalagi pas Akhtar khitan, dan seminggu setelahnya Kirana lahir. Mana sanggup akuuu πŸ˜› Akhirnya, mundur-mundur terus sampe aku merasa sangat megap-megap pas belanja bulanan minimal 4 kantong besar dispo! 2 anak! πŸ˜› Jadi ya emang buat menghemat siiih! Hahaha…

G koook! Aku emang sangat gerah yaa kalo liat anak yang udah gede masih pake dispo. Pas dulu banget pernah liat, aku membatin

“Anakku jangan sampe segede ini ya Allah pake disponya. Aku g mauuuu”

Akhirnya 27 Januari 2013, baru lah perdana Akhtar g dipakein dispo di rumah. Aku pikir ini akan jadi langkah yang sangat panjang. Akhtar kan udah pake dispo sejak umur sebulan πŸ˜› Dan full pake sejak masuk TPA pas umur 2 bulan. Dulu, pengennya pake clodi, tapi di TPA harus pake dispo. Terus kami jadi keenakan kan? Anaknya full dispo. Not good πŸ™

Hari pertama pipis dimana-mana sampe 7 kali (diitungin :P). Aku catetin kan itu jam berapa aja pipisnya. Tapi jeda-jedanya g beraturan, tapi kurang lebih 45 menit. Setiap 45 menit aku bawa ke kamar mandi, anaknya malah mainan air :)) Trus pernah bilang mau pipis, ditungguin g keluar-keluar sampe dia bilang “Mana pipisnya?” :)) dan baru keluar pas udah pake celana lagi dong. Di luar kamar mandi. Cakeeep πŸ˜› Malemnya tidur diperlakin.

Nah, mulai agak sukses pas sorenya dia berhasil pup di toilet. Mukanya yang seneeeeeeeeeeng banget! πŸ˜€ Besoknya udah paling sekali aja ngompolnya. Dan jadi tau kalo malem Akhtar cuma pipis sekali di sekitaran jam 4 atau malah g pipis sama sekali πŸ™‚ Aku g nyangka akan secepet itu proses dia tau tanda mau pipis, dan nahan pipis sampe kamar mandi. Ahhh, tuh kan, mungkin ayah bunda ini terlalu cuek, g ngerti kalo sebenrnya kamu emang udah siap buat ditoilet training ya kak? πŸ™

Pertama itu g pake dispo cuma weekend. Sampe 2 mingguan.

Setelahnya udah pede karena Akhtar selalu bilang, dicobain lah di TPA. Tapi di jalan pergi dan pulang masih dipakein dispo. Jalan-jalan juga.

Sudah 1,5 bulan terakhir, berangkat ke TPA juga udh g pake dispo. Dulu sempet khawatir gimana pulangnya, kan jalanan g bisa diprediksi. Bisa 3 jam kalo lagi sial dapet macet. Kalo pergi kan selama pergi pagi, perjalanan kan paling lama 1,5 jam. Dicoba aja djalananin, alhamdulillah sampe saat ini g pernah ngompol di jalan pulang pergi! Kami bangga sekaliii πŸ˜€ Udah 1/2 bulanan ini juga kalo pergi-pergi Akhtar udah g dipakein dispo juga, bahkan belanja bulanan yang cukup lama itu! Alhamdulillah belum ada yang bobol πŸ˜› Terbangga pas perjalanan Palembang – Lampung yang hampir 10 jam itu, kan dipakein dispo karena g tau kapan bisa ketemu toilet bersih, kering loh disponya. Kalo disuruh pipis di dispo aja, Akhtar bilang “G mauuu, nanti ompol” πŸ˜€

Sampe sekarang, sekitar 1,5 bulan dari sejak dimulai di TPA, ini masih PR yang cukup besar. Masih dipakein dispo pun pas tidur siang (padahal aku udah bilang sih kalo sebelum tidur siang dipipisin, udah g ngompol kok kalo di rumah). Pas belajar, main, atau mau makan masih sering banget dapet laporan kalo Akhtar g bilang pipisnya πŸ™ Tapi kadang, yang jarang banget itu, Akhtar mau bilang. Harus cari tau kenapa Akhtar g nyaman buat bilang terus ini πŸ™

Aaaah, doakan yaaa semoga 1 PR ini cepet selesai! Dan g ada percakapan yang kayak gini lagi..

“Kakak, tadi di TPA kenapa g bilang kalo mau pipis?”

“Kakak bilang kok Bunda” dengan muka sewot

“Sama siapa bilangnyaaa?”

“Sama bunda kan?”

*keluar tanduk

Hahahaha, ya emang siiiih, kan pas sampe TPA, hampir selalu bilang mau pipis atau pup sama aku atau ayahnya! *unyel-unyel Akhtar

“Yah kan Bunda kerja. Kalo Bunda kerja, kakak bilang sama siapa dong?”

“Sama bunda ajaaa” sambil meluk aku

Ish, merayu! G mempan, kak! πŸ˜›

Semangat! πŸ˜€

2 thoughts on “Toilet Trainingnya Akhtar”

    1. belanja bulanan bulan ini udah g dibeliin dispo lagi niiih. Biar di TPA g dipakein dispo klo tidur siang πŸ˜›

      Doakan ya tanteee, smg Akhtar cepet nyaman bilang sama bu guru di TPA. 2 hari terakhir mau bilang soalnyaaa πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *