Categories
Jalan-Jalan

Serpong – Metro, Lampung :D

Long weekend April kemarin (6 – 8 April), akhirnya kami nekat pulang ke Lampung πŸ˜€ Kenapa nekat? Selain karena ini pertama kalinya masku nyetir jauh dengan penumpang 1 ibu hamil dan 1 bocah 19 bulan, di anggaran bulanan, emang udah g ada yang bisa disisihin lagi (karena jadwal ganti oli! Issssh, untung si Mas bisa ganti oli sendiri! :P) πŸ˜› Alhamdulillah, 2 hari sebelum keberangkatan, masku dapet rejeki yang bisa nutupin hampir 1/2 dari estimasi biaya mudik Serpong – Metro yang udah aku bikin! Iya, dibela-belain google berapa km Serpong – Metro, kira-kira butuh bahan bakar berapa banyak, biaya tol, biaya kapal sampe ke jajan! Bukannya terorganisir banget sih, cuma kalo emang dananya pas-pasan, semua harus diperhitungkan dengan masak bukan? πŸ˜› Bismillah, hari Kamis pagi itu akhirnya diputuskan jadi berangkat πŸ˜€

Β 

Siangnya sempet ‘kabur’ belanja bekal buat di jalan atas nama penghematan. Soalnya udah tau banget kalo harga makanan/minuman di jalan itu seringnya melompat tinggi πŸ˜› Pulang kantor 1/2 6, ke rumah dulu, soalnya si nyonyah ini g mau ninggalin pakaian kotor di rumah! Hahaha, jadi wajib banget nyuci duluuu! πŸ˜› Tapi ternyata hujan dan jalanan macet πŸ™ Sekitar jam 9 baru sampe rumah, soalnya nyempetin beli makan malem sama ngisi angin nitrogen dulu. Langsung nyuci, untung minggu ini, rumah lagi rapi, tinggal sapu dan pel dikit πŸ˜€ Malem itu juga baru mulai packing, soalnya malem sebelumnya kan masku ada konsinyering dan dapet kamar sendiri, jadi kami g pulang πŸ˜› Akhtar ngapain selama siap-siap itu? Tentu saja dia main, setelah dimandiin sama ayahnya. Sempet muntah karena batuk di mobil, masih untung g terlalu bikin kotor carseat. Jadi cuma tersisa aroma ‘sedap’ aja, g kebayang kalo carseatnya sampe kotor banget! Kan mau perjalanan jauuuh.

Β 

Pakaian udah terjemur, rumah bersih, mari berangkat! πŸ˜€ Pukul 22.50. Jalanan udah g terlalu rame, tapi harus saingan sama truk-truk gede yang jam 22.00 udah boleh masuk jalan serpong raya. Tepat 2 jam sampe di Merak. Akhtar bobo di sepanjang jalan itu, bundanya ikutan bobo juga sedikiiiit! πŸ˜› Antri masuk buat bayar tiket masuk kapal dan masuk kapal sekitar 1 jam. Pas di kapal kan harusnya semua tidur, tapi Akhtar malah bangun! Haha, jadi main dulu sama ayahnya bentar, sementara aku bikinin P*pmie πŸ˜€ Haha, iya dong bawa termos sama coolerbox segala kamiii! Macam piknik πŸ˜›

Β 

Sampe meraaaak! πŸ˜€

Β 

Abis makan, masku tidur, gantian aku yang jagain Akhtar sampe terkantuk-kantuk πŸ˜› Bersyukur banget sekarang udah di mobil sendiri, jadi di atas dek, kaki juga bisa selonjoran bebas, g ngalamin juntrang-juntrung g jelas kayak dulu. Lama-lama Akhtar jadi rewel, ngantuk, tapi kepanasan. Baru diem pas dikasih buah dingin, terus aku lapin pake tisu basah di seluruh badannya. Abis itu bobonya kayak koala, sambil dipeluk aku. Pinternya dedek bayi, mau berbagi sama Kak Akhtar πŸ™‚ 5.15 turun dari kapal! Halo Sumateraaaa! πŸ˜€

Β 

langitnya biru kayak di spidol πŸ˜€

bocah yang baru bangun setelah semalemnya begadang πŸ˜›

Β 

Di jalan sempet mampir sholat subuh dan ke WC dulu. Jalannya santai aja. 8.40 udah bikin ceria rumah Mbah! πŸ˜€ Eh, tapi Akhtar sempet muntah lagi pas udah dekeeeeeeet banget sama rumah mbahnya. Karena batuk! πŸ™ Jadilah, begitu sampe, agenda pertama adalah nyuci! Errrr πŸ˜› Yah, emang pulang karena ada yang kangen emak *lirik Masku πŸ˜› Jadi g ada rencana kemana-mana. Jadi seharian itu cuma santai-santai aja, sampe malem. Malemnya kebetulan ada Saudara yang punya hajatan, jadi kami ke sana, ketemulah sama keluarga besar dari keluarga Mamak πŸ™‚ Makin malem, makin berasa g enak di betis! πŸ™

Β 

Hari Sabtunya juga cuma di rumah aja, dimasakin soto kesukaannya Masku. Si bocah kesenangan ngasih makan ayam! Dan sama mbahnya, dibolehin banget ngabisin beras cuma buat ngasih makan ayam! Zzzz πŸ˜› Sempet dipijat juga! Enaknyooo πŸ˜€ Sore ke rumah Mbok, buyutnya Akhtar buat jemput, mau nginep di rumah Mamak. Sempet ditraktir Bapak mertua jajan mie ayam juga! Hihi, akhirnya setelah 2,5 tahun nikah, ini pertama kalinya keluar malem buat jajan keluar dari desa! Hahaha *dijitak Masku πŸ˜› Balik dari jajan, ternyata di rumah, udah banyak saudara lagi πŸ™‚

Ayamnya seneng kalo ada Akhtar! Kenyaaaang πŸ˜›

Β 

Minggu pagi udah siap-siap pulang. 10.06 berangkat. 1/2 12 udah sampe Bandar Lampung, mampir ke rumah Mas Gandung, sepupunya masku πŸ™‚ Ada ponakan yang belom pernah dilihat sejak lahir, dan yeaaah, Akhtar marah dong kalo aku atau ayahnya deket-deket bayi kecil itu πŸ˜› Niatnya cuma bentar, tapi karena udah lama g ketemu, ternyata 1,5 jam sendiri di situ! πŸ˜› Abis sholat dzuhur, dan makan berangkat lagi.

Lihatlah muka g ikhlas Akhtar ayahnya gendong dedek bayi lain πŸ˜›

Β 

Β 

15.45 udah sampe Bakauheni. Nunggu kapal dateng. 16.35 kapal jalan! Yeeeee, akhirnya bisa naik kapal pas masih terang! Akhtar seneng banget ‘Kapaaaaaaaaaa..” πŸ˜€

Β 

Β 

Β 

Terus nunggu di mobil aja, Akhtar dilepas dari carseatnya. Main-main di belakang sendiri πŸ˜› Dan yaaak, pake acara pup doong! Hahaha, puas banget ketawa ngeliat muka masku! Soalnya dia milih bersihin pake tisu basah daripada ke WC kapal πŸ˜› Hahaha, ayah kereeeen! πŸ˜€ Abis sholat magrib, 19.16 sampe Merak lagi πŸ˜€ Akhtar tidur. Bundanya juga ikut tidur pas udah di KM 50an, rasanya bentar! Tapi begitu kebangun, tau-tau udah sampe di puteran air mancur BSD πŸ˜› 21.06 sampe rumaaah! Horeeeeee, selesailah tugas saya sebagai navigator merangkap bendahara merangkap fotograper merangkap pencatat km & waktu, merangkap asisten sopir dan bocah kecil πŸ˜€

Β 

Jadi gimana rasanya? Seneeeeng tapi capek πŸ˜› Tapi kayaknya kalo perut udah semakin membuncit, aku tak sanggup! πŸ˜› Akhtar juga hampir selalu manis seperti biasa, kecuali kalo udah ngantuk! πŸ™‚ Priceless liat dia tunjuk sana-sini “Apiiii…Mbeeeeek” Masku juga seneng karena udah mengobati kangen emaknya plus berhasil menguji skill drivingnya πŸ™‚

Β 

Ada dedek bayi 24 minggu di situuuu πŸ˜€

Β 

Alhamdulillah πŸ™‚

Β 

—————

Β 

Nah, dari Serpong ke Metro ternyata jalannya emang lurus-lurus aja sih πŸ˜› Kalo dari itunganku Serpong – Merak kira-kira 100km, Bakauheni – Metro sekitar 145km. Kalo dari Serpong bayar 2 tol. Serpong – Cikupa (2ribu) sama Cikupa – Merak (31ribu). Kapalnya bayar 232,5ribu πŸ™‚ Itu diitung per kendaraan, bukan per orang di kendaraan πŸ™‚ Bahan bakar juga lumayan irit πŸ™‚ Seneeeeng πŸ˜€ Di tol ada beberapa ruas jalan yang rusak, sama pas baru masuk Bakauheni. Sisanyaaa? Muluuuus kakaa.. πŸ˜€

Β 

Kalo boleh ngasih tips perjalanan jauh saat hamil dan bawa toddler dan hemat kurang lebih gini πŸ˜€

– Belanja bekal dulu! Bawa termos air panas sama cooler box yang diisi buah dan minuman dingin itu ternyata emang jauh lebih murah daripada jajan di jalan πŸ˜€ Nah, penempatan kotal bekal ini juga mesti gampang dijangkau.

– Bawa mainan kesukaan bocah yaa? Sama lagu-lagu kesukaannya.

– Harus ngoceeeeeh teruuuus! Eh, apa ini tergantung bocahnya ya? πŸ˜›

– Keluarin anak dari carseat yaaa kalo udah 3-4 jam di jalan. Kita aja capek, apalagi bocah πŸ™‚

– Tissue basah harus deket sama jangkauan juga. Siapin 1 tas yang isinya dispo, baju ganti, minyak kayu putih, sama selimut πŸ™‚

– Siapin uang kecil dan air bersih buat ke WC! Kemarin sih selalu beruntung dapet WC yang bersih di POM bensin πŸ™‚

– Bikin diri nyaman yaa ibu hamil πŸ™‚ Pake baju nyaman dan g ketat, taruh box di bawah kaki biar kakinya g gantung, seatbelt jangan terlalu kencang yaaa πŸ˜€

Β 

Semoga bermanfaat πŸ˜€

One reply on “Serpong – Metro, Lampung :D”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.