Categories
Daily Four of Us

Seri Ditinggal Suami Dinas #Palu

Jadi ini report dari ditinggal suami dinas kali ini πŸ˜› Ke Palu, 6 – 9 Desember 2011

Hari Selasa, masih pergi bareng Masku. Soalnya berangkat dari kantor. Sorenya, jam 5 langsung meluncur ke TPA, Akhtar tiduuur! Bangun, makan dulu di TPA, sisa 1/8. Naik CL 19.10. Bareng keluarga tetangga. Di CL anteng, main sama Khalila. Di ojeg tidur, sampe rumah masih tidur πŸ™‚ Aku dapet tekwan dari kantor siangnya. Abis makan, telpon-telponan, sholat, langsung tidur.

Hari Rabu, bangun pagi kayak biasa, bikin makan Akhtar, nyiapin keperluan Akhtar, plus nyetrika jilbab. Eh, Akhtar bangun, langsung jalan ke luar kamar sambil senyum, dimandiin pake baju juga sambil ketawa. Diminta nunggu di luar sambil aku puterin backyardigans plus dikasih roti juga anteng. Aku bilang “Akhtar, bunda mau mandi, Akhtar duduk di sini ya?” Eh, begitu keluar kamar mandi, ada anak nungguin di depan kamar mandi sambil pegang hape “Tuuh” Owalaah, ternyata ada sms πŸ™‚ Makasiiy ya Akhtar πŸ™‚ Pas aku sholat subuh juga, Akhtar anteng nunggun. Selesai sholat, Akhtar langsung salaman πŸ™‚ Udah siap, nunggu Bang Harris sekitar 7 menitan. Sampe stasiun, CL dateng. Pas! Nyari Khalila g ada, ternyata mereka dateng pas CL jalan πŸ™ Sampe stasiun ketemu bajaj yang suka kami naiki, dan Akhtar dikasih wafer sama abangnya! πŸ™‚ Hari pertama berhasil! πŸ˜€ Sampe kantor, 6.27. Nyuapin Akhtar. Pas mau nganter ke TPA, pas ketemu Mas Baim. Dianterin sampe TPA pake motor! πŸ˜€ Tapi dapet berita duka, kakeknya Khalila meninggal, jadi mereka sekeluarga langsung berangkat ke Bandara, nyari pesawat ke Kediri πŸ™

Sempet deg-degan parah pas liat langit sore. Mendung gelap! Dan yak, akhirnya emang harus pulang cuma sama Akhtar aja πŸ™‚ Ke TPA, nyuapin Akhtar dulu, sholat magrib dulu, langsung berangkat ke stasiun. Alhamdulillah dapet bajaj g pake lama. Sampe stasiun, masih dapet CL 18.45 yang hari itu alhamdulillah banget g penuh sampe desek-desekan. Bisa masuk, dikasih duduk, dan ACnya nyala! Akhtar mimik sampe tidur. Eh, tapi ketahan lama karena ada kereta ketahan di Sudimara. Yaaaaah πŸ™ Sampe rumah sama aja kayak kemarinnya. 20.15. Merasa bersalah banget makan mie soalnya kalo nunggu nasi mateng udah keburu mau pingsan kelaperan! Tapi mienya dikasih bayem hampir 1 ikat buat mengurangi rasa bersalahnya πŸ˜› Makan, masak nasi, sholat, telpon-telponan sama Mas, terus tidur.

Hari Kamis, Bangun sedikit lebih pagi, dan langsung melakukan rutinitas. Eh, Akhtar juga bangun lebih pagi. Untung anteng nungguin aku nyiapin bekalnya sama nyetrika. Siap cepet, Bang Harris juga dateng cepet, sampe stasiun masih nunggu CL sambil nyuapin Akhtar makan. CL dateng. Di CL, Akhtar diajak main sama bapak-bapak baik hati. Sampe stasiun tanah abang, ketemu bajaj kemarin lagi! Horeee, g perlu nawar-nawar πŸ˜› Sampe kantor, nyuapin Akhtar, trus disamperin Mas Baim, nawarin ikut ke TPA sekalian dia mau ke arah sana buat sarapan. Horeeee! Hari ke-2 juga berhasil, maaas πŸ™‚ Kangen kangen kangeeeen πŸ™‚ Akhtar nunjuk foto di komputer kantorku sambil bilang “ayah ayah ayaah” kamu juga kangen ya nak? πŸ™‚

Sorenya seperti biasa, jam 5 teng ngacir ke TPA. Disambut Akhtar dengan kata-kata “Mimiik, maaak!” *tepok jidat :P, nenin bentar, nyuapin, sholat magrib, langsung nyari bajaj. Hiks, tapi bajajnya milih jalan yang salah, jadilah terjebak macet, dan jadi naik CL 19.10. Masih ada waktu 10 menit, langsung beli tahu gejrot buat ganjal perut. Udah berasa mau pingsaaaan! Ya ya ya, aku kan g bisa tuh kalo kena macet, bawaanya jadi langsung panas dingin g menentu πŸ˜› MAkan cepet-cepet, CL dateng, langsung ke bawah. Alhamdulillah dapet duduk, dan CLnya masih tolarable ramenya.

Eh, tapi kok menjelang keberangkatan, jadi tambah rame dan rame. Pengap! Dan yak, ACnya g berasa. Bisa ditebak? Nangislah Akhtar, dinenin diem, nangis lagi. Dikasih mobil-mobilan, diem bentar, nangis lagi. Itu udah dengan kepala yang berkeringat πŸ™ Aku peluk, terus-terusan ngomong “Akhtar, kerja sama sama bunda ya, nak? Tinggal beberapa stasiun lagi ini. Akhtar kan pinter. Akhtar kan sayang bunda” Dan dia diem, sambil nemplok di dadaku. Aku elus2 kepalanya sambil aku tiup-tiup terus. Yah, tapi gitu, diem, nangis, diem nangis. Tapi alhamdulillah g pake jerit! πŸ˜›

Akhirnya sampe juga Sudimara, ada 2 orang mas baik hati yang niat banget bantuin bikin seneng Akhtar. Yang 1 ngasih liat film mickey mouse. Gagal πŸ˜› Yang satu, gendong Akhtar biar kena AC. Dan akhtar diem dooong diajak main sama Mas itu πŸ˜› Makasiiiy maaas baik hati, maaf yaa bundanya sempet takut kalo Akhtar mau diculik! Hahahahaha πŸ˜› Malem itu, Bang Haris g bisa jemput, kakak iparnya masuk rumah sakit. Bismilah, pilih ojeg. Untung dapet bapak-bapak yang bawa motornya juga pelan, eh, tapi langsung ilfil pas dia ngangkat telpon di jalan yang lagi sebelahan sama truk gede!! Minta pentung! Sampe rumah 5 menit lebih malem, Akhtar bobo di ojeg sampe rumah. Perjalanan yang paling melelahkan, dan aku juga langsung tepar g pake makan πŸ™ Hari ke-3 selesai πŸ™‚

Hari Jumat, sebenernya bangun jauh lebih pagi, tapi Akhtar ikut bangun dan minta mimik. Nenin, eh malah ketiduran lagi πŸ˜› Pas bangun langsung cepet-cepet ngerjain ini itu, dan udah sempet g yakin bisa ngejer CL pagi. Trus sms bang Haris pas baru selesai mandiin Akhtar. Minta jemput jam 6 aja, naik CL yang lebih siangan dikit. Eh, dibales kalo abangnya udah di depan! Hahahaha, jadilah aku mandi secepetnya, beberes secepet kilat. Bang Haris nunggu sekitar 15 menitan πŸ˜› Maaaf banget ya baaaang πŸ˜› Udah pasrah g dapet CL pagi, eh ternyata CLnya telat. Alhamdulillaaah banget kalo gini πŸ˜› Di kereta anteng. Sampe stasiun beli cemilan dulu, lapaaaar g makan semalem πŸ˜› Ketemu bajaj kemarin-kemarin lagi! πŸ˜€ Sampe kantor, nyuapin lagi. Ke TPA jalan sendiri. Di TPA, mas nelpon kalo udah landing πŸ˜€

Horeeee, we did it, Akhtar! We’re a good team! πŸ˜€ Ayah pasti bangga sama kita, nak πŸ˜€

Sesuatu yang kelihatannya berat banget, kalo terpaksa harus dijalani, ternyata pasti bisa kalo yakin bisaΒ  ya? πŸ™‚

One reply on “Seri Ditinggal Suami Dinas #Palu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.