Happy 10 months, Akhtar!

MPASI udah, lanjuut tentang perkembangan Akhtar di 9 bulan kemarin πŸ˜€ Rekap duluuu!

Β 

*28 Mei, akhirnya beli ini. Terus berjuaaang! πŸ˜€

Β 

*2 – 4 Juni, perjalanan jauh pertama bertiga pake kendaraan umum! Ke Lampung. Yaaaay, we did it! πŸ˜€ Pulangnya, rumah dipasangi kanopi πŸ˜€

Β 

*9 Juni, ikut kerja sampe maleeem di Hotel Mercure Ancol. Bangga sama Masku yang bisa jagain Akhtar sampe tidur! πŸ™‚ Eh, tapi minta nasi goreng seharga 85ribu ituuu! Lain kali jangan lupa beli bekal duluuu! Hahaha..Pulang kantor cuma berdua Akhtar, soalnya Masku lembur ngurusin pameran foto di kantor.

Β 

*14 Juni, gantian ikut Masku kerja di Lumire, tapi Akhtar sakit πŸ™

Β 

*16-17 Juni, ijin g ngantor demi melukin si anak sakit. Hatiku hancuuur T___T

Β 

*20 – 21 Juni, gantian Masku yang ijin. I’m proud of U, hubby πŸ™‚ Ini sebenernya ada dramanya, ntar diceritain di postingan terpisah. Baru ditinggal sehari, Akhtar nempeeeeeeel banget sama Masku! Aku iriiii πŸ˜› Yah, selamat datang deh potongan di pendapatan bulan depan! Berdoa banget Allah ngasih rejeki dari sumber-sumber rejekinya yang laiiiin. Amiiiin πŸ™‚ Dapet kabar kalo masku mesti dinas ke Medan, jadilah terpaksa memohon sama Mamak mertua untuk majuin jadwal ke Jakarta. Horeee, jam 10 malem, mamak sampe rumah πŸ™‚

Β 

*21-24 Juni, masku ke Medan, pulang bawa bolu meranti, bika ambon, dan yang paling juara yaitu pancake durian-nya Zulaikha! Enaaaaak bangeeeeet! *kekepin g boleh dibagi ke tetangga. Hahaha..Selama masku g ada bener-bener jadi single fighter! Alhamdulillah akhirnya ketemu sama tukang ojeg yang cocok di Rawa Buntu sana. Bawa motornya g ugal-ugalan πŸ˜€ Namanya Bang Haris. Jadilah dianter-jemput rumah-stasiun sampe Jumat πŸ˜€ Nomor HP udah disimpen klo-klo butuh dijemput lagi πŸ™‚ *makasiiiy banyaaak untuk info-infonyaaa πŸ˜€

Β 

*27 Juni, akhirnyaaa beli kasur angin jugaa! Di Giant Golden Truly lagi diskon! Howeee, yang gede itu cuma 125ribu sahajaa! Dan alhamdulillah empuuuk! Alhamdulillah klo ada keluarga yang dateng, g harus cuma tidur di kasur palembang yang udah tipis banget itu! πŸ™‚

Β 

udaaah πŸ™‚ Trus, akhtar gimana sekarang?

Β 

Motorik sama koordinasi tangannya yang maju di 9 bulan kemarin. Udah bisa dadah-dadah. Pertama dulu sih suka telat, jadi orangnya udah g negok, baru dadah πŸ˜› Siapa aja didadahin, termasuk orang-orang yang g kenal di stasiun! Haha.. Udah bisa tos juga, tapi baru tangan kanannya aja. Taruh aja telapak tangan kita di depan mukanya, otomatis di-tos sama Akhtar! Pintaaar πŸ™‚ Trus, pas diajarin tepuk tangan, pertama cuma liat aja, trus aku bantuin ngarahin tangannya, eh, langsung ditiru, tapi pelaaan banget, besoknya baru pede agak keras nepuknya! Bisa tepuk tangan, bangun tidur pun langsung tepuk tangan. Pernah sekali pas kebangun malem, muter arah tidur sambil tepuk tangan, trus langsung tidur lagi! Hahahaha..Tepuk tangan klo dinyanyiin Pok Ame-Ame, sama lagu tepuk tangan yang sering aku denger di TPA πŸ˜›

tepuk-tepuk tangan suka-suka,
tangan dikepala, lalu dipinggang,
lompat yang tinggi 1,2,3
(blom nanya lagi liriknya) πŸ˜›


Klo sebelumnya senengnya mukul-mukul barang yang dipegang ke lantai, bulan kemarin aku ajakin main bola! Jadi bolanya itu aku lempar sedikit ke lantai, kira-kira sekali pantulan sampe bolanya ke Akhtar. Dan amazingnya, akhtar langsung niru! Dilempar balik ke lantai ke arah aku. Aku lempar lagi, dilempar balik. Yeeee! Pintaar πŸ˜€ Udah semakin bisa ngambil benda kecil pake telunjuk sama jempolnya. Udah bisa nahan tutup botol selai dengan ujung jempolnya. Bagiku, itu udah hebaaaat! πŸ˜€

Β 

Akhirnya bisa juga duduk biasa dan tegak! Bulan lalu kan Akhtar duduknya bersimpuh, beralas betisnya. Bulan ini, udah bisa duduk bertumpu sama lututnya! Haha..yah yang kayak tari Saman itu. Yang dari duduk trus posisinya berubah ke agak berdiri itu. Ya gitu lah pokoknya! Hahaha, heboh sendiri πŸ˜› Berdirinya udah semakin lancar dan kokoh, pernah beberapa kali lepas dua tangan sekitar 2-5 detik, tapi cepet pegangan lagi. Pas abis sakit, kayaknya blom berani lagi. Gpp, nanti kita latihan lagi ya, sayang? πŸ™‚

Β 

Β 

Vokalnya udah nambah “o” sama “e”. Tetoo, Dede *awas ada yang komen Akhtar minta adek! :P* Sempet pernah denger Cici, tapi abis itu g pernah denger lagi. Udah bisa getarin bibir juga. Abruuuu… πŸ˜€ Ah, ayah bunda bangga banget sama kamu nak. Akhtar suka banget denger ayahnya main gitar, klo nangis pun langsung diem!

teach me, daddy, pwiiiis…

Β 

Akhtar sekarang udah bisa banget nunjukin g sukanya. Klo misalnya mau dibersihin umbelnya, baru aja tangan kita ngarah ke mukanya, udah langsung ditahan sama tangannya! Hahaha, semakin Akhtar defensif, aku semakin seneng gangguin dia! Kalo Udah bisa diajakin main cilukba, jadi Akhtar udah ngerespon banget. Misalnya denganΒ  ikut-ikutan narik gorden buat nutupin dirinya. G yang cuma ketawa-ketawa aja πŸ˜€Β  Semakin suka main di depan kaca. Lucuuu. Udah pinter garuk juga! Dooh, luka semua itu belakang telinganya! Gara-gara rambutnya udah gondrong, udah bisa masuk ke telinga. Digaruklah sama dia. Pas mau potong rambut, pas Akhtar sakit itu πŸ™ Eh, kemarin pas pulang, tepat di 10 bulannya Akhtar, Mamak inisiatif motongin. Diem aja anaknya, soalnya keenakan disisirin! Jadi culuuun! Hahaha..

Β 

Β 

Laporan dari Mamak adalah Akhtar tampak yang udah tau klo minumnya itu disimpen di kulkas, jadi klo haus, nangisnya sambil merangkak ke arah kulkas! Hihi..pintaaaar..Alhamdulillah banget ASIP malah meningkat stoknya. Aku yang sekarang selalu kejar setoran, mompa pagi buat siang, mompa siang buat sore, mompa malem buat pagi plus nenin langsung pagi dan siang di TPA, sempet keder juga pas AKhtar tiba-tiba sakit! Aku cuma punya 3,5 botol! Dan g bisa bolak-balik ke TPA buat nenin. karena Akhtar bakal ditinggal di rumah selama sakit! Jadilah pas ijin g masuk itu, dikit-dikit dipompa, dan alhamdulillah bisa legaa banget karena punya stok untuk 3,5 hari πŸ˜€ Ada hikmahnya juga ternyata πŸ™‚ Perjuangan masih panjang, semoga masih dikasih rejeki sama Allah. Amiiin πŸ™‚

Β 

Dan highlightnya adalah gigi Akhtar udah muncul 2! 1 central incisor atas sama 1 central incisor bawah πŸ˜€ Anakku sudah tak ompong lagi πŸ˜› *gambar dari sini

Β 

Β 

Β 

Happy 10th Monthsary, Akhtar!

Whatever people say, just be sure that mom & dad always do the best for you.

Love you to the bones, sweetheart πŸ™‚

Happy 9 Months, Akhtar!

Akhtar 9 bulan hari iniiii! Horeeeeee πŸ˜€

Mari langsung merekap..

Β 

*28 April, ikut masku kerja, nginep di Red Top. Pertama kalinya mesti nyiapin MPASI g di rumah. Sehari sebelumnya udah ngebekal wortel rebus beku sama daging beku plus kaldu, trus dititip di kulkas kantor. Jadi buat sarapan esok harinya tinggal ngambil nasi sedikit di hotel trus numpang blender di TPA, diangetin bentar di warmer πŸ˜€Β  Nyam nyam πŸ˜‰ Ternyata g sesulit yang aku pikirkan πŸ˜›

Β 

*30 April, pertama kalinya nyobain Akhtar telur. Pas mau mandiin, buka baju, baru ngeh klo badannya Akhtar penuh bintik-bintik tipis merah muda! Sebelumnya g terlalu perhatian, karena emang Sabtu pagi itu abis bangun tidur, Akhtar langsung diajak masku keliling komplek sementara aku bikin sarapan. Doooh, bingung antara alergi telur (karena aku nekat nyampur kuning dan putih langsung!) atau campak/rubella. Ya ya ya, di TPA emang lagi menyebar virus itu, gara-gara ada yang g sadar kalo anak di TPA itu banyak. G mau ngalah sebentar aja buat stay di rumah πŸ™ Ditungguin sampe besoknya, makan telur distop dulu, ternyata bintiknya masih, tapi cuma tinggal di tangan sama kaki! πŸ™ Akhirnya dibawa ke dokter, dan dokter bilang cuma alergi dan dikasih obat anti alergi! Tapi ya namanya ibu-ibu sotoy dan mengandalkan perasaan banget! Aku g yakin klo Akhtar cuma alergi! G aku makanin itu obat πŸ˜› Trus browsing sana-sini, nanya sana-sini, akhirnya yang paling mendekati itu, tanda-tanda rubella. Yah, bintiknya tipis merah muda, panas ringan (<38,5 derajat), daaan ada sedikit pembengkakan kelejar getah bening di belakang telinga. Oia, sorenya sempet foto-foto di komplek πŸ˜›

Β 

Yah, aku emang bukan lulusan kedokteran ya, dan kayaknya emang g pantes buat sok-sok tau penyakit anak. Tapi menjejalkan obat ke anak tanpa yakin klo anak bener-bener sakit itu kayaknya juga g sesuai sama prinsip aku dan masku. Akhirnya aku cuti dulu. Akhtar sih alhamdulillah g keliatan sakit, makannya mau, mimik juga tetep banyak, main juga, bahkan sangat aktif! Cuma setelah 3 hari, sehabis suhunya naik 38,3 derajat, bintik di siku dan lututnya menebal. Alhamdulillah juga berangsur-angsur menipis setelah dibaluri bedak salysil yang cuma 4 ribu itu πŸ™‚ Alhamdulillah senin depannya udah bisa maen lagi sama temen-temen di TPA πŸ™‚ Dan aku cobain lagi telur, gpp tuh. Pasti aku nyesel banget klo sampe ngasih Akhtar obat anti alergi itu πŸ™‚

Β 

9 hari berdua Akhtar di rumah dari pagi sampe sore = SANGAT BERHARGA SEKALI! Nganter suami,Β  ngurusin AKhtar, keruntelan di kasur sama Akhtar siang-siang, ngejer Akhtar kesana-kemari, buru-buru nyuci, nyetrika, dan mandi klo Akhtar bobo, bikinin teh, makan malam, dan menunggu Masku pulang sambil baca buku dan menyambut saat klakson motor suami nyala. Ya Allah, nikmat beneeeer rasanyaa. Tapi juga harus tricky, soalnya Akhtar udah jarang bobo, jadi bener-bener harus memaksimalkan waktu untuk ngerjain seabrek kerjaan rumah. Saluuut banget sama ibu rumah tangga yang full di rumah πŸ™‚ Oh iya, si Mas sempet tugas luar ke Bandung pas jumat Sabtunya πŸ™‚

Β 

*15 Mei, Happy Birthday Dek Ia tersayang πŸ™‚ Long weekend, touring bertiga ke Bogor, ke rumah Gugun. Hehehe, lumayan jauh yaa, alhamdulillah Akhtar semakin kuat πŸ˜€

Β 

Β 

*16 Mei, main ke rumahΒ  Feri yang baru pindah ke Pamulang sama Pak Evi juga, ujan, dan akhirnya abis magrib baru pulang πŸ˜› Menyenangkan sekali bersilaturahmi kesana-sini πŸ™‚

Β 

*20 Mei, ikut Talkshow perencanaan keuangan keluarga muslim. Di area kantor. Pembicaranya Mbak LIgwina Hanato yang terkenal itu πŸ™‚ Bismillah, semoga bisa membenahi keluangan keluarga yang payah ini πŸ™

Β 

Β 

*21 Mei, pertama kali AKhtar berenang di kolam renang umum! Memanfaatkan gratisan 3 bulan dari developer. Seneng banget! Sampe berani ke tengah sendiri! Hehehe..Diangkat malah nangis! Hehe, sebentar aja ya sayaang, nanti klo udah tambah gede, boleh lebih lama yaa πŸ˜€

Β 

Β 

Udah πŸ˜€

Β 

Akhtar udah bisa apa lagi? Apa ya? Di bulan ke-8 kemarin, Akhtar cuma memperlancar apa yang dia bisa di bulan ke-7. Kalo mau berdiri, udah ngerti harus ati-ati. Udah g pernah jatuh lagi juga klo merambat dan tiba-tiba ngelepas satu tangan. Kalo lagi jauh, aku panggil, udah tau. Dan merangkak mendekat, aku kasih tanganku, langsung diraih, trus jongkok, dan berdiri, trus lepas tangan satu, trus goyang-goyang, kayak joget πŸ™‚ Berdirinya udah semakin kokoh,Β  beberapa kali ngelepas dua tangannya, tapi langsung megang lagi πŸ™‚ Duduk udah bisa, walo gayanya macem-macem. Udah bisa duduk kayak orang aceh nari itu, numpu di lutut, tapi klo sadar tangannya g dipegangin lagi, suka g pede bisa, dan balik merangkak lagi! πŸ˜› Oh iya, udah bisa manjat ke kasur! Kasur loh yaa, bukan tempat tidur! πŸ˜›

Β 

Β 

Ocehannya juga semakin jelas, misalnya dia lagi bilang “Pa”, aku jawab “Papa”, diulang lagi sama Akhtar, jadi dia udh bisa mengulangi apa yang kita omongin! Unyuuu πŸ˜€ Udah bisa gabungin yang agak panjang kayak “TataMamaTatapaya” Apa ituuuu naaak? πŸ˜› Yang baru suka bilang “Ah!” Doooh πŸ˜› Tampak gusi Akhtar udah mengeras, jadi klo mimik suka gigit! G punya gigi aja sakiiit yaaa? πŸ™ Pernah Akhtar gigit tanganku, merahnya sampe besoknya! πŸ˜›

Β 

Oh iyaaa, AKhtarku udah bisa berantakin rumah! Ya buku, ya komik, ya DVD, ya kaset, semuaaaa! Pas cuti itu, aku nyapu rumah sampe 3 kali πŸ˜› Terakhir nimbang pas periksa, 6,95 kg. Itu pake celana jins. Huhuhu, klo anakku kecil trus kenapaaa? Masih banyak banget komentar orang yang nyelekit! Padahal tau apa mereka sama hidup kami? πŸ™ *kok jadi curhat πŸ˜› Akhtar juga udah bisa minum air putih pake sedotan! Howeeee πŸ˜€

Β 

Kayaknya udah πŸ™‚

Selamat Ulang Bulan yang ke-9 ya naaak πŸ™‚

Terus sehat ya anak pintar, bunda dan ayah selalu sayang sama AKhtar πŸ˜€

Happy 8th Months, Akhtar!

Β 

Akhtar udah 8 bulan hari ini! Mari dirayakan dengan boleh makan bayem ya naak! *g penting πŸ˜›

Β 

Langsung mengingat apa yang penting aja marii πŸ™‚

*4 April, Selamat ulang tahun pernikahan perak ayah ibu! Sayang harus dirayakan dengan ibu yang tiba-tiba sakit πŸ™

*7 April, jadi ceritanya motor ayah ngambek, udah kelamaan g diservis. G mau nyala klo g didorong. Udah 2 hari begitu. Jadi dengan amat sangat terpaksa nian-nian, kami ber-3 menembus jalan Serpong Jakarta pulang pergi hari itu. Akhtar dipakein jaket tambahan. Bobo dari rumah sampe Palmerah πŸ™‚ Alhamdulillah mau bekerja sama ya nak? πŸ™‚ Berangkat dari rumah 5.55 sampe 7.23. Pulangnya berangkat 17.25 sampe 19.03 di Giant Teraskota! Mampir bentar ada yang mau dicari. Jangan tanya apa rasanya bagian belakang tubuh ini! πŸ˜› Besoknya Akhtar masuk angin, dipijitin sedikit sama ibu gurunya, bobo, siangnya langsung ceria. Alhamdulillah πŸ™‚ Tapi kapoook πŸ˜› Motornya gimana? Mau jalan setelah diakalin akinya, tapi cuma 2 hari doank, trus ngadat lagi minta ganti! Pelajaran, g semua kata temen itu bener kan?! *lirik-lirik Masku πŸ˜›

Sedang mengistirahatkan diri, ibu nelpon. Ngasih kejutan. Jumat sore mau ke Jakarta. Balik Rabu pagi. Ngintil ayahku yang ada dinas ke Bogor! Sayang ibuku masih sakit ternyata, jadi Akhtar tetep dibawa ke TPA. Gpp ya buuu? Yang penting kan udah melepas kangen? πŸ™‚ Ada ibuku = kardus-kardus mulai dibongkarin lagi! Hahaha πŸ™‚ Lumayan, sisa 7 kardus lagi sajah πŸ˜›

Β 

kehausan setelah perjalan jauh πŸ˜›

eh, apa harusnya masukin ke boks motor aja ya? Si bocah tampak senang πŸ˜›

Β 

udah itu aja πŸ™‚ Lanjut perkembangan Akhtar πŸ™‚

Β 

Alhamdulillah, bersyukur banget, di tengah orang-orang yang masih aja suka komentar g enak tentang postur Akhtar, perkembangannya lancar. Akhtar yang masih keukeuh cuma mau ngelungsur walo dilatih terus, tiba-tiba aja mulai mau merangkak pas kakek neneknya di rumah. Mau bikin nenek kakek bangga ceritanya. So sweet kamu nak πŸ™‚ Udah bisa nopang badan dengan satu tangan juga πŸ™‚Β  Trus udah tegar kalo berdiri, daaaan mulai ngerambat! Ayeeee, tapi awal-awal kemaren jadi sering jatuh! Karena Akhtar gaya-gayaan lepas satu tangan dan balik badan ke belakang. Padahal keseimbangannya blom kuat. Tapi sekarang udah tau sakit kayaknya, jadi kalo capek rambatan, Akhtar ngerendahin badannya sendiri dan pelan-pelan turun ke lantai πŸ™‚ Apa-apa dipanjat, bahkan loker di TPA pun. Kabar terakhir dari Bu guru, Akhtar udah mulai mau manjat kasur! Hoho..

Β 

Ocehannya juga udah semakin lamaa dan gedeee. Paling lucu kalo ngocehnya sambil nangis dengan gaya terbarunya itu, mewek! Sambil ngoceh “bababbababba” atau “mamammama” Cuteee! Lagi seneng mainin lidah. Ditaruh di balik gusi bawah depan, dimiring-miringin, dikeluar masukin. Lagi seneng nyium juga. Temen-temen TPA pun diciumin, termasuk satu-satunya cewek di kelas Akhtar! Hahahha, bikin heboooh! πŸ˜› Khusus ayah bunda, Akhtar suka ngasih ciuman basah. Basah karena campur iler! Dan diakhiri dengan gigit hidung biasanya! Gigit hidungnya kalo Akhtar geregetan. Lucu yaa liat bayi geregetan sampe mukanya merah? πŸ˜› Tapi kok sekarang suka ngeces yaa? Mau tumbuh gigi ya nak? Ah, tapi gusinya masih lembut! Eh, tapi lembut gitu jyga cukup maknyus kalo dipake gigit pas mimik! Ampuuun bunda naak! πŸ™ Gaya terbaru mimik adalah sambil berdiri! Doooh *tepok jidat πŸ˜›

Β 

8 bulan, bayi yang dulu cuma bisa nangis itu, sekarang udah bisa nyusul bundanya ke dapur sambil nangis karena minta digendong sebentar. Sekarang udah bisa nyuekin bundanya kalo udah nemu mainan, tapi tiba-tiba nyamperin, manjat badan bundanya, dan ngasih ciuman basah sambil senyum-senyum lucu πŸ™‚ Ah, time surely flies so fast πŸ™‚

Β 

Semoga kamu terus sehat dan pintar ya nak. Semoga ayah bunda bisa selalu memberikan yang terbaik untuk kamu. Semoga kami bisa memberikan bekal yang baik untuk kamu. Dengan ikhlas. Bukan karena ego ato keambisiusan semata. Terima kasih sudah menjadi pelipur lara, penawar duka, pemberi keceriaan, kehangatan, dan semangat! Sungguh, kamu adalah anugerah terindah. Maaf kalo dengan kondisi yang sekarang, kamu masih harus kehujanan atau meringkuk di balik jas hujan itu dan jadi g nyaman karena semua kelihatan gelap. Insya Allah, semua pasti ada hikmahnya πŸ˜‰ *lah kok jadi mellow πŸ˜›

Β 

Semakin hari semakin cinta kamu, sayang πŸ™‚

Happy 7th Months, Akhtar!

Sebelum Maret berakhir, tuntaskan dulu postingan tentang agenda keluarga kecil kami &Β  perkembangan Akhtar di bulan ke-6 kemarin πŸ™‚

Β 

Apa aja yang penting buat diinget?

Setelah ‘ngerengek-rengek’ berbulan-bulan, akhirnya g tega juga sama Maskuw. Bungkuuuus Nikon D70 itu! Hehe, yah, itung-itung perayaan 1 tahun tragedi kamera ini πŸ˜› Kebetulan ada temen yang jual karena mau upgrade ke yang lebih bagus. Tapi baru bisa beli bodynya aja. Gpp, yang penting hasrat fotografi Maskuw bisa tersalurkan. Hihi…Semoga makin sayang sama istrinya ini ya maaas? Siapa tau nanti bisa dapet rejeki dari situ πŸ™‚ Horeeee, punya kamera DSLR juga akhirnya! πŸ˜€ *walo tetep, aku ngandelin kamera pocketku πŸ˜› Beberapa hasilnya bisa diliat di sini πŸ™‚

Β 

Next, 4 Maret 2011, pertama kali ditinggal Masku dinas luar kota sejak pindah ke Serpong! Tantangan besar ini buat aku, karena itu pertama kalinya pulang kerja di hari JUMAT yang biasanya jauh lebih padat cuma berdua sama Akhtar. Alhamdulillah bisa terlewati, walo deg-degannya parah! Hehe, tapi udah 1 minggu sebelumnya tiap malem diajak ngobrol Akhtar supaya mau kerja sama. Alhamdulillah ada yang berbaik hati ngasih tempat duduk, Alhamdulillah Akhtar g rewel selama di kereta yang amazingnya g padet banget. Alhamdulillah g kehabisan bekal susu di kereta. Alhamdulillah dapet abang ojeg yang motornya matic, jadi tas segede gambreng yang isinya peralatan tempur Akhtar selama di TPA bisa dititip di depan. Alhamdulillah abang ojegnya g sewot pas aku bilang pelan-pelan aja! Yeeee, makasiy ya Akhtar sayang, kerjasamanya πŸ™‚ 2 hari berdua menghabiskan wiken. Dan hampir g bisa ngapa-ngapain, karena Akhtar sama sekali g mau ditinggal sendiri! Biasa di TPA rame kali yah? Bobo juga paling lama 15 menit πŸ˜› Jadilah, kemana-mana Akhtar dibawa, termasuk pas jemur keluar πŸ˜› Maskuw pulang hari Minggu maleeeeem, dan horeee banyak oleh-oleh dari Jogja. Makasiy maaas *kecup :-*

Β 

nemenin bunda jemur πŸ™‚

Β 

Trus, akhirnya pernah juga ke Sojong yang terkenal itu! Tempat pakaian anak branded dengan harga miring karena udah keluar dari pasaran mall. Lumayan yaa, tapi panaaas. Cuma dapet 3 baju kaos seharga 25ribu plus 1 pin bunga rajut. Hmmm, mungkin kalo ke sana lagi jangan hari Jumat kali ya? Ruameeeee πŸ˜› Trus, pernah jalanan dari kantor ke Tanah abang muaceeet parah! Dan, kemaleman dapet keretanya. Hiks, alhamdulillah Akhtar g rewel πŸ™‚

Β 

Akhtar juga udah mulai dirutinkan lagi berenangnya. Udah jagoan sama air dingin. Tapi rencana mau ngajak berenang di kolam gede harus mundur, karena Akhtar kena batuk pilek karena temen-temen di TPA juga lagi sakit! πŸ™ Walhasil, aku sampe cuti Kamis Jumat plus ditambah Senin (24-28 Maret) karena cuti minimal 3 hari. Duuuh, beneran yah? Kalo anak sakit itu rasanya hati ini berdarah-darah *lebay πŸ˜› Alhamdulillah masih bisa rasional walau suhu Akhtar sampe 39,8! Yaaah, walo dicerewetin via telepon sama kakek neneknya di Palembang sana πŸ˜› Oia, pas monthsary, Om Sukma sama Tante Riska main ke rumah πŸ™‚

Β 

Akhtar udah tambah pinter apa? Di bulan ke-6 kemarin, belajar merangkaknya semakin terarah. Udah tinggi ngangkat badan & pantatnya, tapi tetep ya klo mau maju ngelungsur. Hihi..tapi sekarang ngelungsurnya udah lebih halus, g kayak pertama bisa dulu, banting sana-sini itu dadanya. Dooooh, sekarang udah perlu diawasin banget. G bisa ditinggal sendiri, karena si bocah udah muter-muter rumah & bisa berantakin buku-buku di lemari yang rendah, ngejer bunda ke dapur juga udah bisa ya nak ya? πŸ˜› Kalo dihalangi badan nih, dan dia tertarik sama sesuatu di seberang sana, udah dipanjat-panjat aja itu badan! Sereeem, karena g pake perhitungan langsung ngelungsur aja! πŸ™ Udah bisa dari posisi duduk, jejekin kaki ke lantai dan manjat badan tanpa dibantu. Cuma g lama, harus sigap di belakang buat megangin kalo tiba-tiba pegangannya lepas. Gpp ya udah berdiri gitu? Padahal kan duduk aja masih harus didudukin, bisa sih bisa, tapi masih belom lurus. Gpp ya nak? belajar pelan-pelan πŸ™‚

Β 

Β 

Motorik halusnya juga berkembang bagus. Udah bisa mindahin barang dari satu tangan ke tangan lain. Udah bisa juga ngambil barang yang tergantung & bergoyang, misalnya tali yang kita goyang-goyangin di depannya. Dan paling tertarik sama muka, dipok-pok itu ayahnya, paling seneng klo udah ketemu mulut sama hidung, langsung digerawus! Sakiiiit πŸ˜› Udah aneh-aneh aja mainannya, remote TV, botol minuman, kaleng makanan, mainannya g lakuuuu πŸ˜› Paling seneng klo ke TPA, pas liat muka aku langsung sumringaaah, udah kenal sama bunda ya nak? Dan biasanya aku gendong, langsung diemut-emut pipiku! Hahaha, g higienis? Ih, gpp dong, Akhtar kan mau nunjukin sayangnya ke bunda ya nak? πŸ˜› Ngocehnya makin lucuuu. Tah, Dah, Deh, Mammmmam, Papppaaa. Sambil dikembung-kembungin pipinya. Lucuuuu πŸ˜€ dan terakhir, Alhamdulillah masih bisa ngasih ASI, tapi itu gaya mimiknya udah suka-suka Akhtar, sambil tengkurep sekarang favoritnya πŸ˜›

Β 

Happy 7th Montsary, Akhtar sayang! Terus sehat dan pintar ya nak πŸ™‚

Love u more and more πŸ™‚

Β 

Happy 6th Month, Akhtar!

Oke! Mari mulai melunasi hutang cerita buat diri sendiri! Udah bulan Maret, huhu, udah telat 10 harian ya dari ulang bulan Akhtar yang ke-6! Maafkanlah bundamu ini ya nak πŸ™

Β 

Sejak ulang bulan yang ke-5, Akhtar masih tinggal di rumah aja sampe tanggal 4 Feb. Yaaah, nenek, kakek, sama tante Nia pulang. Alhamdulillah, dapur udah cantik, pager juga terpasang! Nanti mungkin cerita di postingan terpisah kali yah? Dan dimulailah kehidupan sebenernya di Serpong. Bangun lebiiiih pagi, mompa ASI, nyiapin semua keperluan Akhtar di TPA dan harus udah ngunci pager rumah pukul 05.30 teeeng! Yaaah, demi anak, ngejer kereta yang pagi aja, karena relatif g terlalu rame. Hehe, yaah beberapa kali siih kecolongan bangun agak kesiangan (baca : pukul 05.00!), dan terpaksa naik sudirman ekspress yang 06.20 itu. Alhamdulillah Akhtar sekarang sih udah biasa liat keramaian di kereta πŸ˜› Efek pulang kerja tepat di rush hour kali ya? Risiko kereta selalu ramai πŸ™‚ Eh, tapi jadi kenal beberapa orang di kereta karena Akhtar πŸ˜€

Β 

Kalo ditanya, tega bener ya sama anak bayi itu dibawa bolak-balik Serpong-Jakpus tiap hari? Yaaah, sebagai orang tua, kadang miris liat akhtar yang ngedekem di balik hanarooku itu pagi-pagi buta udah naik motor ngejer kereta, trus masih lanjut naik omprengan ato bajaj sampe dia bisa nyaman di TPA. Apalagi kalo cuaca g bersahabat, dan Akhtar harus semakin disembunyyin di balik jas ujan. Sediiiih, kadang sampe ngerasa klo jahat banget sama anak! Tapiii, insya Allah, saat ini itu yang terbaik buat keluarga kecil kami, karena mencari orang yang dipercaya buat mengurus seseorang yang kita sayangiiiiii banget banget banget itu susah. Semoga dengan begini, insya Allah Akhtar akan jadi anak kuat! Amiiiiiiin πŸ™‚

Β 

G ada agenda istimewa di bulan Februari kemarin, beberapa temen sempet mampir main ke rumah. Fenny dan keluarga kecilnya (haloo biyyan dan biyyu!) tepat di hari Akhtar akhirnya diimunisasi DPT 3 & polio 4 (panaaaaaaaaas, BBnya 6,2 aja), Indah dan calonnya (amiiin), dan Masayu, Irfan dn calon adek bayi yang kayaknya sih berhasil ‘diracuni’ buat jd tetangga! Hihiii πŸ˜› Sisanya cuma berusaha membereskan kardus-kardus itu dan mulai masak lagi buat suami πŸ™‚ Maskuw lagi heboh surebooh ngurusin taman & ngecat beberapa bagian rumah. Hmm..home sweet home πŸ™‚

Β 

Akhtar udah 6 bulan, alhamduliilah masih bertahan ngasih ASI, dan insya Allah akan terus berusaha sampe tetes terakhir, udah mulai makan 26 Februari kemarin, dimajuin sehari πŸ˜› Insya Allah postingannya terpisah yaa πŸ˜€

Β 

Jadiiii? Akhtar udah bisa apaa? Kalo bulan lalu baru bisa ngangkat kaki, sekarang udah bisa ngemut jari kakinya! Hahaha, kocaaak! Truuus kemarin tepat abis makan, akhirnya bisa ngangkat kepala dan pantat bareng, dan majuin salah satu pahanya, dan buuuum jatuuh! Haha, ayo semangat belajar merangkaknya ya nak πŸ™‚ Trus udah semakin jago megang, bisa megang barang yg agak berat cuma dengan satu tangan! Kalo tertarik sama sesuatu, bisa cepeeet banget maju buat ngambil, yah walo masih merangkak patah-patah itu! Dan udah bisa protes kalo barang yg lagi dipegangnya diambil! Udah g mau ditinggal sendiri, harus ada orang yang nemenin di sampingnya,. Haha, padahal dicuekin juga tuh yang nemenin! πŸ˜› Udah bisa milih juga mana yang lebih disuka, jadi klo dia pengen noleh ke kanan, mau dipaksa ngadep kiri juga balik langsung ke kanan lagi πŸ˜› Ngocehnya juga semakin lucu, Mamamamama, Papapappapapa, uum, apa ganti dipanggil mama papa aja kali yah? Haha *mak labil πŸ˜› Kerennya, klo udah sampe rumah, Akhtar pasti bangun buat main sama ayahnya daaaan g mau banget bobo di ruang tamu itu, dibawa ke kamar, mimi, langsung bobo! Hehe, udah tau klo bobo itu di kamar tidur ya sayang? πŸ™‚ Tapiii, agak mengerikan, karena maunya diberdiriin, bolom boleh ya sayaaang? Kasian kaki kamu, sabar dulu ya kita, pelan-pelan yaa? πŸ˜€

Β 

Terus pintar, terus sehat ya nak! Berusahalah sebisa kamu, bunda ayah g akan maksa kamu harus bisa ini itu πŸ™‚ Kami bangga dengan semua usaha kamu nak πŸ™‚

Β 

Selamat Ulang bulan ke-6, M. Akhtar Zeeshan, sayang πŸ™‚

Happy 5th Months, Akhtar!

Yeaaaah, 27 Januari 2011! My M. Akhtar Zeeshan is turning 5 months!

Rekap yuuuuk..

*31 Desember 2010, Ibu, Ayah, dan dek ia dateng dari Palembang! Yipppy! Sama 2 orang yang dibawa buat bikin dapur πŸ™‚ Rumah semakin ramai karena Mamak juga masih di rumah. Tapi tanggal 9 Januari, tepat di ulang tahunku, mereka harus pulang, soalnya Dek Ia udah mau masuk sekolah. Dengan pertimbangan ini itu, akhirnya memutuskan cuti mendadak sama Masku, 5,6,7 Januari 2011! Niatnya siiih nyetok ASI yang udah pas-pasan bangeeeet, tapi apa daya Akhtar tersayang nempeeel kayak perangkoo πŸ˜› Sempet ke Depo Bangunan Alam Sutera. Daaaaan kalaaaaap πŸ˜› *Makasiiiy ayah ibu buat kompor tanemnya πŸ˜€

*Semua pulang, tapi ada 1 tukang yang masih tinggal nyelesaiin dapur. Huhuhu, baru 3 hari, pas pulang ke rumah, ternyata dia pulang mendadak ke Palembang, anaknya sakit, dan sampe hari ini g balik lagi! Pengalaman buruk pertama sama tukang πŸ™ 13 Januari 2011, malem pertama cuma bertiga di rumah, dan tiba-tiba badanku panas tinggi tapi menggigil. Hiiiiiks..Jadi besoknya g masuk kerja, berduaan aja di rumah sm Akhtar. Manis sekali dia. Tau yaa klo bundanya sakit? πŸ™‚ Daaan, jam 1 siang, Ibu dan Nia sampe rumah! Hahaha, iyaaa, ibu balik lagi ke Jakarta! Gantian soalnya si Nia yang libur kuliah. Hihi πŸ˜€ Dan sejak hari itu, Akhtar tinggal di rumah. Bukannya g mau ngajak ke TPA, cuma yaa aku kan abis sakit, biar fit dulu, daan di Serpong tampaknya sering bener ujan pagi πŸ˜€ Ya sudah, istirahat di rumah dulu ya nak πŸ™‚

*14 Januari, pertama kalinya pulang sendiri naik kereta, pake acara listriknya mati pulak! Huwaaa, horor πŸ™ Trus dari stasiun naik ojek ke rumah, nemu jalan baru yang bisa ngindarin perempatan yang suka macet! Yeee πŸ˜€ Masku jadi panitia nikahan bos, jd g balik ke rumah. Sabtu pagi, jalan sama ibu ke Pasar Jengkol deket rumah. Hehehe..udah gaya dong sekarang tau harga belanjaan di pasar πŸ˜› 16 Januari, jalan pagi pertama kita di komplek. Pulangnya sesi pemotretan sm ayahnya. Bagus-baguuus. Beberapa hasilnya di sini πŸ™‚

*18 Januari, KTP udah jadi dooong! Resmi jadi warga Tangerang Selatan πŸ˜€ Padahal baru diurus Kamis malem minggu sebelumnya πŸ˜€

*22 Januari, Ke Asemka ngajaka Ibu sm Nia jalan-jalan, kasian, di Serpong cuma di rumah aja πŸ˜› Daan ternyata hari Sabtu Minggu kereta AC pada libur! Hihi, naik kereta ekonomi patas rangkas! Hahaha πŸ˜€

*24 Januari, KK juda udah jadi! Horee..udah ada nama Akhtarnya πŸ˜€

*26 Januari, ayah dateng lagiii! Sama om yang bantuin bikin dapur yang satunya. Buat nyelesaiin dapur. Hahaha, g kuat euy bayar ‘tukang’ klo S2 begituuu πŸ˜›

Β 

Udah, hehehhee, tampak g ada yang menarik ya πŸ˜› Lagi adaptasi sama suasana baru di rumah πŸ™‚

Truus, akhtar udah tambah pinter apaa? Yeeeeah, ditinggal di rumah, bikin mimiknya Akhtar tambah banyaaak. Dan puncaknya 26 Januari kemarin, aku g masuk kantor (lagi) karena stok ASI tinggal 5 karena 1 hari sebelumnya secara mengejutkan Akhtar abis 5,5 botol ASIP padahal udah mimik langsung pagi sama pas istirahat siang di TPA (dibawa sekali biar g lupa sama TPA :P). Aku yang emang udah kejer-kejeran ASIP ini, milih g masuk aja deh, daripada ketar-ketir ninggalin Akhtar dengan susu yang cuma 5 botol. Rencananya sih mau nyetok, tapi nempel truus (lagi)! Curiga dia lagi growth spurt! Soalnya kemarin pas dibekalin 7 botol ASIP, abis jugaaa! Hihi, yaaah, bunda akan mengusahakan yang terbaik ya sayang. Gpp deh bunda bobo-nya jd g nyenyak sekarang. Mesti disiplin bangun jam 2 sm jam 4 pagi. Mesti ikhlas juga minum susu kedelai yang baunya g enyak itu. Insya Allah kita bisa ya nak sampe 6 bulan bahkan lebih. Amiiiin πŸ™‚ Oia, sejak cuti itu, Akhtar mau mimik looh sama aku di TPA! Alhamdulillah banget, aku yang sampe berkaca-kaca pas dia lebih milih mimik ke aku daripada lewat botol di suatu siang di TPA itu. Makasih ya nak πŸ™‚

Sekarang udah jago banget tengkurep sendiri dan balikin badannya lagi. Bolak-balik. Bahkan kalo lagi mau balik, dia numpuin satu kakinya, jadi pas balik badan itu yang sambil ngesot maju *halah, ribet bahasanya* πŸ˜› Udah g bisa ditinggal sendiri, karena udah beberapa kali kejadian, Akhtar yang masih manis di tengah kasur Palembang itu, ditinggal bentar, pas diliat lagi, udah hampir ke lantai. Pernah juga pas bobo siang sama aku dan ayahnya. Pas aku bangun, Akhtar udah balik 180 derajat, dan kakinya udah diangkat-angkat ke teralis jendela yang emang rendah. Hihi..lucuuu πŸ˜€ Badannya udah melengkung tinggi banget kalo dibajuin. Udah mau maju ya kamu nak? eh, tapi kok seringannya malah jd mundur πŸ˜› Oia, klo lagi tengkurep juga udah bisa lepas satu dan dua tangan πŸ™‚

Akhtar juga udah jago megang. Mainan kesukaannya si Mr. Elephant, tapi tetep plastik jadi idola. Udah bisa pegang buku sendiri. Suka ikut-ikutan baca koran sama ayah di wiken, ooopsz, tapi itu koran bukan makanan, nak πŸ˜› Daaan, udah bisa pegang botol susu sendiri, yaa, walopun perlu beberapa kali salah ke idung πŸ˜› tangannya juga udah bisa ngeraih kakinya yang diangkat tinggi. Tertarik banget sama kakinya ini. Tertarik banget pengen pegang semua, sampe narik-narik bajunya segala πŸ˜› Klo mainanya agak jauh, Akhtar udah bisa mikir kayaknya sih. Digeser dulu itu mainan pake kakinya, trus klo udah sampe jangkauan tangannya, baru diambil, pinternyaaa πŸ˜€

Truus, yang paling baru, kesukaannya nyembur-nyembur ludah. Abruuuu πŸ˜› Kocak liat mukanya πŸ˜€ TAkhtar juga udah siap makan tampaknya, tertarik beneeer kalo liat orang lain makan, ikut ngunyah juga mulutnya! Sabar ya naak, 1 bulan lagi! Nanti kalo udah beneran boleh mam, mamnya yang pinter yaa πŸ™‚ Terakhiir, tampaknya Akhtar udah jadi ‘banci’ kamera. Hihi, nurut siapaaa hayooo? πŸ˜›

BB? TB? blom tauuu. Imunisasi DPT terakhir juga blom. Blom nemu tempat yang cocok πŸ™ Gpp lah, yang penting sehat ya nak πŸ™‚

Terakhir banget? Yah foto dooong πŸ˜€

Akhtar 5 bulan dipakein tante Nia kacamata punya Ayah πŸ˜›

Β 

Happy 5 monthsary, dear!

Terima kasih untuk semua kebahagiaan ini.

Terima kasih untuk senyumnya untuk pelipur hati bunda dan ayah yah.

We love u too much πŸ™‚

Happy 4th Months, Akhtar!

Yaaaay, udah tanggal 27 lagi sajaaaah! Senaaaang, udah g ada lagi utang kerjaan. Jadi insya Allah bisa menutup tahun ini tanpa beban pikiran πŸ˜€

Β 

Hari ini Akhtar tersayang udah 4 bulan! Cepat sekaliii kamu besar nak! *mulai lebay :P.

Β 

Seperti biasa, MeRekap is a MUST! Yuk mariiii..

*4 Des, Pertama kali berenang! πŸ˜€ dan jadi rutin tiap minggu! *looh, pantes ya maskuw g gendud-gendud, wong mompa kolam Akhtar tiap minggu! Hahaha* P So far, so good, kalo yang pertama kakinya cuma kucluk-kucluk di dalem air, sekarang udah agak berani naik ke permukaan, tampak yang kayak bisa renang beneran. Pintaaar πŸ˜€ Abis berenang itu, Imunisasi DPT2 plus Polio 3. Yaah, seperti biasa, agak demam jadinya. Anak riang itu jadi pendiam πŸ™ Beratnya cuma naik 300 gr, tingginya naik 6 cm.

Β 

*5 Des, ngajak Akhtar jalan ke ITC, cuma beli Goon sama kado buat bayi-bayi temen sih niatnya. Tapi g tahan liatΒ  ini itu πŸ˜› Hoho..beneran ya klo udah jadi emak-emak ituuu, klo buat diri sendiri mikir berkali-kali, cuma kalo buat anak, g tahaaan πŸ˜› Dapet evamat isi 8 juga sama bantal baruu buat bobo Akhtar πŸ˜€ Hari yang indah ditutup dengan nonton DVD Babies πŸ™‚

Β 

*9 Des, Happy 14th Montsary, Us! Dibeliin Cinemagz yang bonus patung Harry Potter sama Bobo yang bonus tas Harry Potter. Hahaha..*g sadar diri udah punya anak πŸ˜›

Β 

*11 Des, katanyaaa rumah Serpong udah jadi. Mari kita survei! Pertama kalinya Akhtar naik kereta dan angkot! Yaaay! G rewel! πŸ˜€ Di sana cuma liat bentar, masih dicat sedikit kusennya, karena katanya ada yg miring 2 mm pas quality check πŸ™ Pulangnya agak lama di stasiun, soalnya nunggu yang AC, masih g tega euy Akhtar naik ekonomi πŸ˜›

Β 

*12 Des, Akhtar diurut! Dan dia nangis kejeeer! G tegaaa πŸ™ Tapi setelahnya, tampak yang lega. Pules bener bobonya πŸ™‚

Β 

*17 Des, orang di kantor pada pergi! Aku ngerengek minta nonton Harry Potter. Biarain telaaat! Daripada g sama sekali πŸ˜› Pulangnya keujanan dooong! Azab ke TPA cuma buat pamit sama Akhtar πŸ˜€

Β 

*19 Des, little pumpkin! Trus ditinggal berdua aja sm Maskuw yang nonton AFF live dari GBK! Pulangnya dibawain oleh-oleh sama Ayah ya nak πŸ˜€

Β 

*20 Des, Horee Akad Jual Beli plus serah terima bangunan di BNI kota! Pulangnya ngerengek minta ke Asemka, pengen tauu aja. Mau nyari boneka jari Akhtar. Eeeeh, banyak yang lucu ternyata, iseng-iseng beli buat dijual di sini! Lumayan laaah. Hayoo, siapa yang minaaat? Via komeen yaa, nanti aku private deeeh πŸ˜€

oiaaa, AKhtar masuk finalis buat Moo Moo Kow gratisan, tampak yang susah menang! Gpp, yang penting eksis! Hahaha..

Β 

*22 Des, Selamat Hari Ibuu! πŸ˜€

Β 

*23 Des, ijin ke Serpong, buat nyari teralis! Beres! Cuma kok ya yang ngecat kusen pintu g beres-beres? kan udah serah terimaaa? πŸ™ Pulangnya minta maskuw mampir ke MaeBebe yang terkenal ituuu, dan lagi-lagi khilaf! Hahaha..sayang anak beneeeer πŸ˜€ Malemnya ketemuan sama Delisha yang mau main ke kantor Bunda Endahnya. Huuuh, lain kali bilang dulu atuh klo mau fotoo? Jadi Akhtar g pake baju tidur dan diboboin dulu biar g rewel karena ngantuk πŸ˜› Oiaaa, beli clodi juga niiy di Dr. Clodinya Endah πŸ™‚ 2 pempem sama 1 cluebebe! Hehe, baik beneer, AKhtar dikadoin 2 legging! Huhu, aku terharuuuu. Makasiiiy Makasiiiy πŸ˜€

Β 

*24 Des, dikunjungi Om Irfan, Tante Ayu sama adek bayi di peruut. Untung pas Akhtar blom pindah :P. Mbah Kung sm Mbah Ti sama Tante Desi juga dateng dari Lampung πŸ˜€

Β 

*25 Des, beres-beres, sortir-sortir, packing-packing! Hohooo..Akhtar sedikit demam karena batuk! πŸ™

Β 

*26 Des, pindaaaaaaaah ke Serpong! Yaaaah, home sweet home, Our (Real) Little Kingdom πŸ™‚

Β 

*27 Des, pertama kali berangkat kerja dari Serpong! Huhu, sedih ninggalin Akhtar, pertama kali ninggalin Akhtar ke kantoor πŸ™ Gpp ya naak, ayah bunda cari fasilitas kereta yg paling nyaman buat kamu dulu sblom bawa lagi ke TPA yaaa πŸ™‚

Β 

Done πŸ˜€

Β 

Truuus, Akhtar udah bisa apa lagi aja? Uuuum, tengkurepnya masih agak males-malesan, balik badan udah pinteeer banget tapi! Ibu di TPA bilang Akhtar harus udh diawasi, soalnya udah bisa geser-geser sampe ujung tempat tidur! *lap keringet. Udah bisa nyebi’-nyebi’ (apa sih bahasa Indonesianya yaa? :P) klo mau nangis πŸ˜› Mainan ludahnya semakin paraah, malah sekarang disembur-semburiiin! Kalo tengkurep, udah bisa ngangkat sampe ke dadanya πŸ˜€ Daaan yang paling menyenangkan adalah Akhtar udah bisa ketawa ngakak! Hoho, walo g selalu begitu, tapi bahagia bener dengernya. Ocehannya juga makin sering πŸ˜€ Cuma kok ya, sekarang suka nangis kejer lagi klo mau bobo, kayak yang serba salah. Owalaaah πŸ˜› Mimiknya juga semakin kuat, dan alhamdulillah udah jarang banget ‘berantem’ klo mau mimik. PR besar kita adalah membiasakan buat mimik di TPA ya naaak. Bunda takut g kekejer klo cma mompa buat kamuuu! Bismillah, target awal, ASI ekslusif! Amiiin πŸ™‚

Β 

Udah latihan megang pake 2 tangan juga. Kalo ada rongganya dan masih enteng, udah kuat banget pegangannya! Tapi ya ituu, ujung-ujungnya masuk mulut πŸ˜› Paling seneng mainan sama kantong kresek sama sarung ayahnya yang ditutup-tutupin ke mukanya *tampak yg kayak kucing! πŸ˜› Truuus, AKhtar tampak gemes sekali sama boneka tangannya! Haha..Dan dia seneng banget liat kaos kaki rattlenya yang dipake kayak boneka jari! πŸ˜›

Selamat Ulang Bulan ke-4 nak. Terus belajar, terus berusaha.

Ayah bunda sayang beneeeer sama kamuuu πŸ˜€

Β 

Happy 3rd Months, Akhtar!

Hari ini dimulai dengan hujan dan telat sampe kantor! πŸ˜› Kerjaan siy masih banyak, tapi kayaknya butuh sedikit waktu untuk merelaksasi diri di blog ini, soalnya blom cerita tentang Akhtar dari 2 ke 3 bulan ini jadi beban pikiran. Hahaha..

Β 

Mari merekap πŸ™‚

*29 ‘Okt 10, pertama kali bawa Akhtar ke Tempat Penitipan Anak di kompleks kantorku. Alhamdulillah g rewel πŸ™‚

*Road to hotels gantian ikut ayah bunda kerja πŸ˜› Menara Peninsula (2 Nov), Lumire (5 Nov), dan Mercure Ancol (9Nov) Ternyata g ribet-ribet banget bawa bayi πŸ™‚

*7 Nov 10, Imunisasi ke-2 di bidan deket rumah. Polio II sama DPT. Hihi, harusnya kan hari Sabtu, tapi karena Maskuw mau nganterin titipan ayah, jadi mundur ke hari Minggu. Ternyata jadwal imunisasi cuma ada hari Sabtu. Tapi untuuung ada yang salah jadwal juga, jadi bisa imunisasi deh. Akhtar dipangku ayahnya karena bundanya g tega. Nangis dikit, langsung diem. Dikasih obat panas juga. Huhu, pulangnya Akhtar emang agak panas dan sedikit rewel. Tapi besoknya udah ceria πŸ™‚ Oia, Akhtar udah 5,2kg, dengan tinggi 54cm πŸ™‚

*9 Nov 10, Maskuw ulang tahun ke-24 πŸ™‚

*13 Nov 10, pertama kali pake clodi. Haha, tapi blom bisa me-review, karena Akhtar kayaknya seneng bener pup di clodi, padahal baruuu aja dipakein, dan bikin bundanya mewek pas nyuci πŸ˜›

*16 Nov 10, pertama kali nge-mall bertiga. Deket-deket aja, cuma ke Atrium. Maskuw sama Akhtar pake baju kembaran Superman. My two heroes! Bawa susu cuma sebotol, buat alarm pulang πŸ˜› Di sana, cuma dapet sepatu buat ayah sama sweater buat Akhtar πŸ˜€

*17 Nov 10, Idul Adha pertama Akhtar. Yang sholat cuma Maskuw, truuus silaturahmi sambil nyari makan ke kosan aku dulu, trus main ke kontrakan Gugun, Deni. Huhu, warung makan pada tutuuup, susah cari makan πŸ™

*18 Nov 10, hanaroo pesenan aku dateeeng! Maskuw yang semangat nyobain πŸ˜›

*19 Nov 10, ke itc, rencananya beli dispo Akhtar aja di audrey. Halah, malah, dapet jumper-jumper lucu juga πŸ˜›

*20-21 Nov 10, Cimahi-Batu Jajar-Ciwidey, Kondangan dan Liburan pertama Akhtar πŸ˜€

*27 Nov 10, Akhtar 3 bulaaan, tante rey dateng ke istana kecil kami. Deuuuh, lama g ketemu si ibu narsis ini.

Β 

Truuus, Akhtar udah bisa apa?

Alhamdulillah sepengamatanku Akhtar aktif sekali gerakannya. Kayak wayang klo kata maskuw, karena tangan kakinya g bisa diem klo lagi tidur telentang. Udah bisa ngangkat bokong jugaa, jadi kakinya bisa tinggii diangkatnya πŸ˜€ Kata ibu pengasuh di TPA, Akhtar udah bisa tengkurep dan balik lagi sendiri. Tapi kok ya klo di rumah g mau, manja, harus dipegangin satu tangan, baru mau balik πŸ™ Curiga karena di kasur kan licin, mau berburu eva mat, tapi g ada yang lucu warna-warni πŸ˜› Lehernya yang tampak sudah sangat kokoh dan tegak πŸ™‚ Sekarang udah mau digendong ngadep depan, huhu, udah bisa main Akhtar-si-pesawat-terbang sama Maskuw! πŸ˜€

Β 

Kalo bobo sekarang sukanya tengkurep, soalnya di TPA begitu, sambil dimpok-mpok. Klo lagi bangun, dalam posisi tengkurep, udah bisa angkat bokong jga, dan nekuk kaki belakang, kayak yang pengen maju. Tapi karena tangannya blom bisa kuat, jadi g bisa maju, yang ada malah kesel sendiri. Haha, jadi kasih aja telapak tangan kita di belakang telapak kakinya, dijadiin tempat buat napak sama Akhtar, dan geser maju diaaa! Lucuuuu πŸ˜€ Klo g dibantuin pake telapak tangan itu, hasilnya cuma kakinya yang jadi muter ke arah lain πŸ˜› oiaaa, klo tengkurep, kepala udah diangkat, kakinya juga diangkat. Ih, banggaaa πŸ˜€

Trus eksplorasi ke mulutnya juga udah berkembang, klo dulu blom bisa pas, sekarang udah milih telunjuk buat diemut πŸ˜› G bagus siy ya, cuma selagi itu masih dalam tahap perkembangan, ikutin aja. Tapi kadang masih salah, telunjuknya dimasukin di bawah lidah, yang bikin dia jadi kayak keselek πŸ˜› Tapiii, apa-apa diemuuut, sampe ke gendongan segalaaa πŸ™

Β 

Hehe, ocehannya juga makin beragam. Sekarang lagi hobi mainin suara di tenggorakan, kayak yg mainin ludah. Agreeee, nggaaak, yang paling kedengeran siy. Kadang kayak g sengaja teriak gitu, dan dia kaget sendiri denger suaranya. Kocak liat ekspresinya πŸ˜› Klo g diladenin ngobrol, suka marah πŸ˜› Oiaaa, udah mulai dibacain cerita, dan tanggapannya baguus. Gambarnya dipelototin sambil kadang ikut ngedumel πŸ˜€ Akhtar juga tampak sudah mengenali Ayah sama Bundanya ini. Jadi klo dateng ke TPA, Akhtar yang kayak sumringah gitu pas liat aku! Bahagia, lupa deh penat kerja πŸ˜› Akhtar ini bayi ramah,selalu senyum dan ketawa kalo diajak orang ‘asing’ ngobrol. Pernah di suatu pagi sebelum berangkat kantor, ditegur sama tetangga yang dosen bahasa inggris dan suka banget ngomong pake abhasa inggris “You’re starring at me. Smile, You’re a friendly baby!” Haha, pinteeer πŸ˜€

Β 

Tapi, badannya kayaknya g bakat gendut. Jadi kadang suka sebel denger orang bilang anakku kok kecil padahal ibunya gede! Iiiiih, yang penting kan sehat! πŸ™ Rambutnya juga blom tumbuh sempurna, masih g rata πŸ™ Mau digundulin lagi ya nak? πŸ˜›

Β 

Happy 3rd Monthsary, Akhtar-ku sayang!

Terus sehat, terus pinter, terus berusaha ya nak!

Love u more and more πŸ˜€

Happy 2nd Months, Akhtar!

Tarik nafas…Buang…Hooooosh! Masih utang banyaaaak cerita! Jadiiii, sekarang udah di Jakarta lagi. Udah balik dari tanggal 22 Oktober dari Palembang. Udah masuk kerja juga per 27 Oktober, tepat di ulang bulan ke-2 Akhtar *huhu, di kantorku emang gitu, harus sesuai aturan cuti bersalinnya! πŸ™

Β 

Akhtar ganteng apa kabar? Alhamdulillah baiiik, sekarang udah 68 hari alias 2 bulan lebih 7 hari (masih diitung sampe 100 hari :P). Marilah diinget dulu Akhtar ngapain aja dari pas 1 bulan ini sampe 2 bulan πŸ™‚

*Di hari ke-37 (3 Okt ’10), syukuran peresmian nama, rambut Akhtar dicukur plontos..tos..tos.. Rambutnya udah ditimbang. 2,3 gram. Udah dihargain dengan emas dan alhamdulillah udah diberikan pada yang berhak. Insya Allah kewajiban awal sebagai orang tua udah rampung. Mari mengucap Alhamdulillaaah πŸ˜€ Tuntunan agamanya di sini ya πŸ™‚ Harapan kami Akhtar akan senang berbagi karena sudah terbiasa sejak kecil bangeeet gini. Amiiin πŸ™‚

*6 Okt ’10, horeeeee, 40 hari udah kita lewati, nak πŸ™‚ Say goodbye to bengkung! πŸ˜›

*Dini hari 7 Okt ’10, pas lagi mimik, kan posisi Akhtar miring, eh, karena g sabaran, Akhtar balik badan aja dooong. Terus kepalanya diangkat-angkat. Fiuuuh, aku panik donk, trus aku langsung balik lagi. Eeeeeh, besok paginya diulang lagi. Hehe, anak pintar, terus berusaha ya naaak πŸ™‚

*8 Okt ’10, Akhtar pertama kali nge-mall, PTC πŸ˜€ Cuma keliling sebentar, trus makan, trus pulang. Pulangnya Palembang ujan gede, dan aku sukses meriang mendadak. Untuung, cuma semalem πŸ™‚

*15 Okt ’10, pertama kali ninggalin Akhtar lama. Beeeh, 1 jam berasa lamaaa banget! Untung proses ganti kartu ATM (yang keblokir sejak aku mulai cuti) bisa cepet.

*18 Okt’ 10, Happy Birthday tante Nia-nya Akhtar. Udah 20 tahun sekarang πŸ˜€ Ulang tahun kok dirayain dengan kuliah seharian sampe malem πŸ˜› Jadilah, makan-makannya diundur besoknya, Mie Kangkung di PS. Akhtar dipaksa pake baju bee-nya sama yang ulang tahun. Hehe, sukses jadi pusat perhatian di mall πŸ˜› Sebelumnya Akhtar minta surat dokter dulu di RS Marisaa, hiks, BBnya cuma naik 100 gram jadi 4,3 πŸ™ Masih normal siy kata dokter.

anak ayah bunda, bukan anak lebah πŸ˜›

Β 

*22 Okt ’10, akhirnya hari kepulangan ke Jakarta dateng juga. Sediiih bangeeet, udah 2,5 bulan terbiasa lagi di antara keluarga. Hiks, kalo g inget sama Ayah, g pengen balik rasanya πŸ™ Balik ke Jakarta, dengan banyak pertimbangan, akhirnya naik pesawat. Alhamdulillah Akhtar mau mimik pas take off sama landing, dan bobo pulas di pesawat. Good boy! πŸ˜€ Ke Jakarta dianter Ibu sama Wak Asih, maskuw jemput di bandara aja. Sampe rumah, Akhtar rewel karena berdaptasi sama suasana baru di rumah. Alhamdulillah cuma semalem sajah. Besoknya, Akhtar udah ikut ke Tanah Abang, nemenin Nenek belanja ya nak? πŸ˜› Besoknya lagi, pagi-pagi udah ke Monas, lanjut ITC πŸ˜€ Truuus, sampe rumah, banyak yang dateng πŸ˜€ Makasiiiy πŸ˜€

Akhtar 1st Flight

Β 

*27 Okt ’10, welcome real life. Akhtar ditinggal dulu di rumah sama para Nenek. Fiuuuuh, bener-bener hari yang berat buatku πŸ™

Udah, Truuus Akhtar gimana perkembangannya? Klo nangis, kadang masih suka kejer. Tapi g setiap saat kayak di awal dulu. Akhtar nangis gitu kalo dicuekin, pengen ngobrol, tapi g ada yang nanggepin, dan kalo mau bobo πŸ˜› Daaaan, buat dieminnya adalaaah ajak jalan-jalan keluar! Haha..bakat suka jalan ini anak πŸ™‚ Tapi jangan gendong gaya bayi yaaa. Maunya digendong yang kayak mau sendawain itu πŸ˜› Udah ngerti yang mana siang yang mana malem, Alhamdulillah, jadi bangun malem tuh bener-bener cuma buat mimik. Matanya udah bisa ngelihat jelas tampaknya. Gerakan kaki dan tangannya aktif. Kakinya udah diangkat-angkat teruus. Playmate yang dikadoin sama temen bagianku udah bisa dimainin deeeh! πŸ˜€ Udah bisa senyum lebaaaaaar, dan udah ada suaranya walo kecil dan bikin waktu ngobrol sama Akhtar jadi berasa lebih menyenangkan πŸ˜€ Tapi klo mau mimik langsung harus tenang, g boleh ada suara ribut di sekitar. Ayo nak, kita belajar terus yaaa πŸ™‚

Oiaaa, sekarang Akhtar juga tampaknya mulai eksplorasi mulutnya, berusaha masukin tangan ke mulut buat diemut. Kadang masih blom pas, kadang tangannya ke dahi, kadang nyolok ke matanya. Trus kalo udah sampe mulut, tangannya udah diangkat, lidahnya baru keluar. Hehe, lucu liatnyaaa. Terus berjuang, Akhtar πŸ˜€ Daaan, rambutnya udah tumbuh, tapi g merata πŸ˜›

Aaaah, jadi kangen Akhtar πŸ™

Happy 2nd Monthsary ya nak, tetap pintar yaa.

Ayah dan Bunda selalu sayang Akhtar πŸ˜€

Happy 1st Month, Akhtar!

Huwaaaa, g terasa udah tanggal 27 lagiii. Berarti udah 1 bulan bersama si pipi gembil nan menggemaskan, Akhtar. Gimana rasanya? Persis kayak nano-nano. Manis, Asam, Asin, Ramai rasanya.Β  Kadang masih suka g percaya kalo bebe yang nemenin dan dibawa 39 minggu 5 hari itu beneran udah di depan mata. Kadang udah kayak orang kena pelet, mandangin si kecil ini terus dan bilang β€œiiih, ganteng banget siiy anak bunda iniii!” :P. Kadang kalo Akhtar ngajak main, Bundanya ini gemees, takut g tahan buat nyubit ato gigit pipinya. Haha..

Iya siiy, sekarang jatah buat tidur berkurang banget! Karena harus begadang tapi g boleh tidur pagi dan suka g bisa tidur siang. Iya juga, suka sebel kalo Akhtar sering pipis ato pup *hihi*. Ato, sediiiih kalo masih harus β€˜berantem’ setiap mau mimik abis mandi sore dan kalo Akhtar langsung diem pas digendong Nenek, Kakek, ato Tante Nia-nya setelah g diem kalo aku yang gendong *Akhtar tau kayaknya kalo aku masih takut-takut gendongnya πŸ˜› Tapiiiii, perasaan bahagia dan bersyukur udah dipercaya untuk punya Akhtar jauuuuh lebih banyaaak.

Hayolah, dibahas sebulannya Akhtar πŸ™‚

*Setelah 2 hari di RS, bisa pulang ke rumah dijemput Ayah-Ibu dan Mamak-Bapak yang sengaja PP dari Lampung dateng buat liat cucu pertamanya ini. Nah, di rumah, ada Wak Asih yang bantuin mandiin sama bajuin Akhtar. Maskuw bablas cuti sampe lebaran πŸ™‚

*Di hari ke-3, akhirnya ASI keluar.

*Pusar puput di hari ke-5 (1 Sept).

*Alhamdulillah, aqiqah udah dilaksanakan tepat di hari ke-7 (2 Sept, Bada Asar). Ibu yang masak. Nasi gulai kambingnya dimasukin ke kotak, trus dibagiin ke tetangga yang sebelumnya kumpul di rumah buat yasinan. Alhamdulillah, semoga apa yang awalnya baik akan terus menjadi baik πŸ™‚

*4 Sept, periksa ulang ke RS, Alhamdulillah baguuus! Akhtar udah naik 300 gram πŸ™‚ dan Akhtar udah boleh pake celana, g pake gurita! Horeeee..

*8 Sept, imunisasi BCG dan Polio 1. Konyolnya, Akhtar udah g pake bedong, g bawa kain lagi. Padahal mau disuntik, dan harus dibedong biar g gerak banyak. Untung, ada ibu baik hati yang minjemin kain. Akhtar nangis pas disuntik, tapi langsung bobo lagi begitu selesai. Hehe, pulangnya g boleh mimik dulu selama 2 jam, dan karena Akhtar selalu anteng kalo di mobil, akhirnya dibawa keliling, ikut beli pompa air πŸ˜› Besoknya Akhtar agak panas πŸ™ Padahal hari itu kan 11st Monthsary Ayah Bundanya *g nyambung ya? πŸ˜›

*Alhamdulillah, Akhtar g panas lagi di hari Lebaran. Horeee, lebaran pertama bertiga. Sempet rieweuh karena aku ditinggal cuma bertiga sama adekku yang kecil! Fiuuuh, pengalaman pertama ngurus Akhtar sendiri πŸ˜› Malemnya Akhtar rewel, kecape’an πŸ™ Lebaran pertama, akhtar ikut ke rumah mbah dan nenek. Lebaran kedua, ikut keliling ke rumah tetangga. Hehe.. Lebaran ketiga, malemnya Maskuw balik ke Lampung! Huhu, malam pertama beneran ngurus Akhtar sendiri.

*16 Sept pagi, Maskuw udah sampe Palembang lagi, g tahan lama-lama pisah sama Akhtar. Tapi hari Minggu (19 Sept), Maskuw harus balik ke Jakarta! Akhtar ikut ke Bandara, mau nganterin ayahnya, pulangnya nongkrong dulu, makan bubur ayam di mobil di pinggir jalan! Haha..anak gaul πŸ˜›

*24 Sept, Akhtar dibawa ke bidan deket rumah buat ditimbang! Horee, 4 minggu udah naik 900gram jadi 4,2 kg! Pantes udah agak pegel klo gendong lama πŸ˜›

Kayaknya itu semua yang penting buat direcord πŸ™‚ Perkembangan Akhtar? Kalo dari mukanya, banyak yang bilang kalo mirip ayahnya banget! *g relaaaa :P. Sekarang udah sering g bobo, udah harus sering diajak ngobrol. Gayanya kalo diajak ngobrol, kayak yang udah ngerti orang ngomong apa. Hehe.. Kalo nangis, g pake pemanasan dulu, langsung ngegas, langsung ngebut! Mukanya sampe item kemerahan karena dia langsung jerit! Hadeuuuuh.. Kalo pipis, harus segeraaaaa diganti! G mau basah sedikiiit aja walo sebentar πŸ˜› Kalo pup, udah ada gaya khas sendiri yang lucuu banget! Mulut dimonyongin, kaki diregangin! πŸ˜› Kalo bobo, suka banget kalo miring, gaya bobonya sama kayak di perut, beberapa kali USG, bobonya sambil nopang di salah satu tangan. Gemeees πŸ˜€ Paling suka kalo digendong dengan gaya tengkurep, mau mandi, dibajuin lama kek, g masalah, asal ditengkurepin πŸ˜› Udah bisa gunain tangannya buat nolak kalo g mau mimik πŸ™‚ Punggung sama lehernya juga udah diangkat-angkat! Dan udah bisa jadiin kakinya buat tumpuan dan geser tubuhnya ke atas. Fiuuuh, udah hrs ekstra hati-hati *ngelap keringet* πŸ˜›

Selamat ulang bulan yang Pertama, Akhtar sayang! Terus sehat ya nak. Bunda sm Ayah sayang bangeeeet sama Akhtar πŸ™‚