Akademi Keluarga Sesi 18 : Belajar Bahasa Peradaban

Akademi Keluarga Sesi 18 : Belajar Bahasa Peradaban

Oleh : Ustad Herfi Ghulam Faizi

Bahasa adalah bagian dari peradaban. Kita mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Kita juga seharusnya jangan melupakan bahasa daerah supaya tetap terpelihara. Kita juga mempelajari bahasa asing, namun bahasa Arab seringkali tidak dijadikan pilihan karena banyak hal dan alasan. Padahal bahasa Arab adalah bahasa yang dipakai dalam Alquran al-Karim (QS. Yusuf : 2, QS. Az-Zumar : 28, QS. Asy-Syu’ara’ : 195).

 “Dengan bahasa Arab yang menjelaskan”, bisa diterjemahkan semua bahasa lain memiliki keterbatasan dalam kemampuannya menjelaskan. Bahasa Arab adalah bahasa yang mampu menjelaskan. Bahasa Arab menjadi kunci untuk memahami Alquran dan Assunah.

 Sahabat mulia, Umar bin Khattab, mengatakan bahwa mempelajari bahasa Arab sesungguhnya adalah sebagai bagian dari agama Islam. Bahasa Arab sangat luas, konteks kalimat sangat banyak, makan yang terkandung bisa menjadi sangat banyak. Jika kita hanya percaya pada suatu terjemahan, kemungkinan kita akan kehilangan makna yang sebenarnya menjadi sangat besar. Jadi akan jauh lebih baik, jika kita mengerti setiap hurufnya. Pemahaman tentang Alquran akan semakin baik. Pemahaman akan pedoman menjadi baik akan membuat kita menjalankan agama dengan lebih baik pula.

Selain itu, perbedaan bahasa umat manusia adalah merupakan tanda kebesaran Allah. Bahasa pemersatu yang menyatukan seluruh umat di berbagai belahan dunia itu menjadi sangat penting. Dan sebagai bahasa pemersatu umat, bahasa tersebut adalah bahasa Arab.

 Bahasa Arab adalah bahasa yang santun. Bahasa Arab yang digunakan dalam Alquran adalah bahasa Arab yang paling tinggi. Bahasa Arab dalam Alquran adalah sebaik-baiknya bahasa.

 Bahasa Arab terlihat susah karena kita tidak terbiasa menggunakannya sehari-hari. Namun Allah adalah yang Maha Adil. Allah tidak menurunkan Alquran hanya untuk orang Arab saja. Bahasa Arab harus kita yakini pasti diturunkan oleh Allah supaya kita semua bisa mempelajarinya dan menjadi mengerti tentang pedoman agama kita ini.

“Sebaik-baik manusia di kalangan kamu adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya” (Al-Bukhari)

Masih belum terlambat untuk memulai. Semoga Allah mudahkan.

Sejujurnya, materi ini adalah materi yang aku tulis dengan blank. Jadinya paling pendek 🙁 Iya, waktu diajarin, pas anak-anak tiba-tiba masuk ke kelas dan ikut duduk, yang bikin aku jadi gak konsen 😛 Tapi jauh di lubuk hati, tau banget walo seluruh hati menyetujui kalau memang harus belajar bahasa Arab, sisi hati yang kecil, yang bilang kalau belajar bahsa Arab itu susah lebih mendominasi 🙁 Jadi ya gitu, belum jalan juga. Sedih, padahal bahasa Arab adalah bahasanya umat Muslim 🙁

Di pertemuan bulan Februari, ustadzah bilang kami gak perlu bikin tugas lagi. Hahaha, senang sekaliiii! Tapi kok ya pas materinya bagus, jadi malah sayang kalo gak dibagi di sini. Semoga Allah kasih waktu dan jalan ya supaya aku bisa tetep nulis materi sekolah sampai programnya selesai bulan April nanti 🙂

Ah, sekolah udah mau selesai. Tapi kok tetep merasa jauuuh sekali dari keluarga yang sesuai ajaran Allah dan Rasul? 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *