Kirana, 19 bulan

24 Februari 2014, Kirana ulang bulan lagi! Ke 19 bulan πŸ˜€

Yang paling bikin seneng adalah Kirana yang udah manggil aku “Ut-taa” tanpa dicontohin sebelumnya. Kakak dulu manggilnya “Una“, adeknya manggilnya “Ut-taaa” πŸ˜› Udah tau anggota keluarganya. “Ini siapa dek?”/ “Ayyaaah” atau “Ut-taa” atau “Tatak”, atau “Addeeek” πŸ˜€ “Kalo adek, namanya siapa?”/ “Nanaaa”/ “Kalo kakak? Namanya siapa?”/ “Attaan” πŸ˜€ Kalo pertanyaanya diganti dengan “Ayah mana dek?”/ “Ittuu” atau “Inniii”. Sudah selalu benar πŸ˜€ Yaaay, pintar! πŸ˜€

Kalo hewan, selain kupu-kupu, juga udah tau yang mana “Ajah” (Gajah), “Papah” (Jerapah), “Api” (Sapi), “Cica” (Cicak). Ayahnya paling suka kalo Kirana ditanya gimana bunyi bebek. Tangannya ditekuk di siku, terus dinaik-turunin. Lucuuu πŸ˜€ Kalo lagu, suka ngikutin kakak. “Tepuk satu Jariii”, dan ada yang ikut nyaut “O o Oo..Yesss” Dengan S yang masih tebel sekali pengucapannya πŸ˜€Β  Selain “Acih” (makasih :D), Kirana juga langsung bilang “Amaaa” (sama-sama) kalo dibilangin terima kasih. Sesekali bilang tolong tanpa diingatkan “Oyooon” :’)

Bulan lalu cuma melengkapi suku kata terakhir buat ngitung, bulan ini kalo ditanya “Itu berapa dek?” / “Atu, uwa, apat, ima, apan, uyuh, apan uyuh, apan, uyuh,…”. Hahaha… Delapan sepuluh tampak jadi favorit πŸ˜› Bulan lalu taunya kanan kiri, bulan ini “Atasss” dan “Awwaah” πŸ˜€

Udah bisa pake sendal sendiri, tapi emang masih suka kebalik. Sepatu atau sendal itu disebut “Apas”. Mungkin karena ayah yang suka bilang sepatunya supaya dilepas begitu sampe sekolah. Ternyata ada yang mengartikan sepatu = lepas πŸ˜›

Udah bisa belain bunda kalo diusilin ayah, “Ay-yaaaah”, terus nanya ke Bunda “Apaa?” (Kenapa?), terus aku ditiup-tiup sambil bilang “Ayaaan” (Sayang) :’)

Sudah semakin tertarik baca buku. Ya sesekali ada lah yang dirobek πŸ˜›

20140224_Kirana19bulan (1) 20140224_Kirana19bulan (2)

20140224_Kirana19bulan (5)

Koran ini belum dibaca loh! πŸ˜›

Β Β Β Β Β Β  Udah bisa jalan di turunan yang melandai πŸ˜€ Udah bisa sedikit lari dan akhirnya mau banget main hujan-hujanan. Awalnya cuma megang-megang air hujan sih πŸ˜€ Udah mau main di playground πŸ˜€

20140224_Kirana19bulan (7) 20140224_Kirana19bulan (3)

Kalo anak-anak tau-tau anteng, cepetlah cari tau! Kirana selain suka ngikutin Akhtar, termasuk pake topi yang jenisnya harus sama kayak kakak :P, juga udah bisa jadi partner in crime! Ini pernah ketangkep, diem di luar, taunya mainan air dari selang, dan baju mereka udah basah semua! πŸ˜› Akhir pekan = ganti baju berkali-kali yaa πŸ˜€

20140224_Kirana19bulan (8)

Makan sendiri pake sendok? Yes! (tapi masih tumpah banyak :P). Minum jus satu gelas pake sedotan? Yes! Langsung dari gelas? Yes!

Pas beres-beres mainan minggu lalu itu, akhirnya puzzle yang ini lengkap. Dulu, aku kasih pas Akhtar 21 bulan. Gak berekspetasi apa-apa. Tapi ternyata gadis kecil ini udah bisa langsung bisa pas diajarin sekali konsepnya, langsung bisa mengarahkan ke gambar yang sama! Yaah, walo suka kesel, karena belum bisa selalu langsung masukin ke tempat yang benar. Makanya perlu diputar atau dibalik dulu, Kirana πŸ˜€

20140224_Kirana19bulan (6)

Serius sekali πŸ˜€

Giginya gak nambah satu pun. Masih 4 lagi menuju lengkap πŸ˜€ Mau sikat gigi, tapi sendiri. Susah banget kalo mau dibantuin sikat gigi. Nafasnya masih nafas bayi yang wangi πŸ˜€

Ini foto favorit bulan ini! πŸ˜€

Β 20140224_Kirana19bulan (9)

Masih minum asi aja, tapi ternyata sama bu guru udah pernah dicicipin susu UHT sampe bubuk πŸ˜› Anaknya mau, tapi bundanya yang galau gak selesai-selesai πŸ˜› Sesekali di rumah, udah aku kasih susu UHT kakak. Tapi masih jaraaang banget. Jadinya sekarang merah lagi, sempet pinjem Harmony sama tetangga, tapi kok ya malah jadinya lebih sering merah pake tangan aja. 3 kali merah, baru bisa dapet 100ml πŸ˜› Eh, tau-tau udah lewat 1 bulan lagi kan ini? πŸ˜€ I’ll try my best, ya dek πŸ™‚

5 bulan lagi ya? Berarti udah harus mulai ancang-ancang menyapih kan ya? Pas banget dikasih Yuli link tentang Menyapih : Syariat dan Negosiasi ini.

β€œSalah satu yang penting adalah pengkondisian beberapa bulan sebelum penyapihan di usia dua tahun. Bisa mulai dengan kalimat serupa ini, β€˜Nak, perintah Allah berhenti menyusu di usia dua tahun, karena kamu hebat, nanti di usia dua tahun berhenti nyusunya ya.’ Dialog iman yang terus diulang.”

Pas dicobain ke Kirana? “Gamauuu” sambil geleng-geleng dan lanjut mimik πŸ˜› Masih 5 bulan lagi, semoga nanti bisa menyempurnakan masa persusuan ini. Amiiin πŸ˜€

20140224_Kirana19bulan (10)

Selamat ulang bulan ke-19, cahaya kecil! Bunda sungguh beruntung dipilih Allah jadi Bunda kamu :*

Yaay, foto bulan ini banyaaak! πŸ˜›

4 thoughts on “Kirana, 19 bulan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *